Bkgi-Bangka Selatan—Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan H.M. Karyawan, S.Ag. mendapingi tim dari Kanwil Kemenag Babel melaksanakan mengurukan arah kiblat masjid At Taqwa dusun Buraq Desa Bukit Terap Kecamatan Tukak Sadai pada Kamis (2/4/2020).

Menurut Kasi Bimas Islam kegiatan ini dilaksanakan sesuai dengan surat yang dilayangkan oleh pengurus masjid At Taqwa kepada pihak Bidang Bimas Islam Kanwil Kemenag Babel pada tanggal 31 Maret 2020 yang lalu.

“Sesuai isi surat yang telah disampaikan pengukuran arah kiblat dilaksanakan dikarenakan terkait pembangunan bangunan baru masjid At Taqwa dan dapat memastikan arah kiblat yang benar yang sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak Kementerian Agama Republik Indonesia oleh karena itu pihak pengurus masjid mengundang tim dari Bimas Islam Kanwil Kemenag Babel untuk dapat mengukur kembali arah kiblatnya”, terang H.M. Karyawan.

Adapun tim pengukur arah kiblat yang datang pada kesempatan kali ini adalah Kasubbag Keuangan dan BMN Kanwil Kemenag Babel H. Mirdhan Hafidludin, S.Ag., M.H. dan salah seorang staf penyeleggara syariah Bidang Bimas Islam Abdul Qodir Jaelani.

Kasi Bimas Islam H.M. Karyawan menerangkan kenapa pihak Kantor Kemenag Kabupaten Bangka Selatan masih melibatkan tim dari Kanwil dalam pengukuran arah kiblat ini, dikarenakan oleh tidak adanya fasilitas berupa teodolit dan perangkat alat ukurnya yang dipunyai oleh Kantor Kemenag Kabupaten Bangka Selatan.

“Tahun ini yang mendapatkan bantuan dari pusat berupa teodolit hanya dua kabupaten saja yaitu Bangka Barat dan Belitung Timur, mudah-mudahan tahun depan giliran kita yang mendapatkan bantuan tersebut, sehingga tidak perlu lagi melibatkan tim dari Kanwil”, Ujar Kasi Bimas Islam.

“Menurut pengurus masjid At Taqwa mereka akan membangun bangunan masjid seluas 15 x 15 meter dengan anggaran yang diperlukan sebesar lebih kurang 1 M, sedangkan anggaran yang tersedia sekarang baru ada 350 juta saja”, Kata H.M. Karyawan mengutip omongan dari penguru masjid At Taqwa. (CeeS83/rma)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini