Keterangan Foto : Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bangka Selatan H. Jamaludin, S.Ag., M.H. saat menyampaikan sambutan

Bkgi-Bangka Selatan—-Disela memberikan sambutan pada kegiatan Rapat Pra Seleksi / Rekrutmen Petugas Haji Tingkat Kabupaten Bangka Selata Selasa (21/01/2020), Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bangka Selatan H. Jamaludin, S.Ag., M.H. menyampaikan beberapa pesan dari Menteri Agama Republik Indonesia Jend. Purn. Fachrul Razi saat membuka kegiatan Rakor Jakwas yang diselenggarakan beberapa hari yang lalu di Hotel Borobudur Jakarta.

Menurut Kepala Kantor Menteri Agama memberi penjelasan terkait urusan-urusan kita di Kementerian Agama saat ini, diantaranya adalah masalah moderasi beragama.  “saya yakin kita sudah paham apa maksud dari moderasi beragama, tapi disinilah Bapak Menteri Agama menekankan pentingnya kita menjaga keberagaman, saling toleransi, saling memaklumi sehingga kita menjadi orang yang moderat, menjadi orang yang tengah-tengah dalam artian kita bisa berbuat adil yang terbaik terhadap agama-agama yang lainnya yang tentunya yang diakui oleh Negara kita”, ujar Kepala Kantor Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan mengutip pernyataan Menteri Agama RI.

“toleransi ini terkait dengan yang hal-hal dilegalkan oleh negara kita ini, jadi kita harus memahami dan memakluminya, misalnya terkait dengan kerukunan umat beragama, kita harus menerima keberadaan umat-umat yang lainnya yang diakui di Indonesia, kecuali terhadap yang sesat, yang ilegal”, Lanjut Kepala Kantor. Kepala Kantor mengatakan bahwa moderasi beragama ini tahun-tahun sebelumnya memang sudah sering disampaikan oleh Menteri agama yang sebelumnya.

Kemudian Kepala Kantor menyampaikan pesan lain dari menteri agam yaitu terkait dengan radikalisme, Menteri agama mengambarkan baik dari sejarah Islam maupun sejarah Indonesia terkait dengan penanganan maupun sikap-sikap kita terhadap kaum-kaum radikalis. “artinya kita selaku pegawai di Kementerian Agama tentu saja kita harus tegas terhadap orang-orang yang bersikap radikasil tadi”, ungkap H. Jamaludin. Memang radikalisme ini tidak hanya tertuju pada agama tertentu, tapi disemua lapisan masyarakat atau lapisan kelompok-kelompok berpotensi melakukan tindakan-tindakan yang radikal tadi.  “radikalisme ini terus dipantau baik oleh Kementerian Agama maupun oleh instasi-instansi yang lainnya yang terkait terhadap pemberantasan radikalisme ini”, tegas Kepala Kantor. Beliau juga mengatakan bahwa kita sebagai pegawai Kementerian Agama di tingkat Kabupaten harus mengikuti kebijakan-kebijakan Kementerian Agama pusat.

Menurut Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bangka Selatan hal ketiga yang disampaikan oleh Bapak Menteri Agama pada kegiatan Rakor Jakwas kemarin adalah perihal pemberantasan korupsi. lebih cenderung-cenderung kepada pencegahan seperti yang disampaikan oleh narasumber dari KPK. “artinya jangan sampai terjadi hal-hal tindakan koruptif di Kementerian Agama”, ujar Kepala Kantor. Dan menurut info dari kepala Kantor bahwa sudah ada beberapa pejabat Kakanwil dan pejabat eselon III yang diberhentikan dari jabatanya dikarenakan perilaku koruptif tersebut, dan ada beberapa kakanwil juga sedang dipantau. (CeeS83/vie)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini