Bkgi-Bangka Selatan—Penyuluh agama Islam Non PNS yang bertugas di wilayah desa Tiram Kecamatan Tukak Sadai Lutfi, S.E., mendatangi salah satu SMP Negeri yang berada di desa tempatnya bertugas yaitu SMP Negeri 1 Tukak Sadai, Jum’at (6/3/2020) dalam rangka memberikan penyuluhan kepada para siswa SMP tersebut.

Hadir pada kegiatan penyuluhan kali ini adalah para siswa kelas 9 yang berjumlah 76 siswa dan kegiatan penyuluhan kali ini dilaksanakan di aula SMP Negeri 1 Tukak Sadai.

Pada kesempatan kali ini penyuluh agama Lutfi, S.E. menyampaikan materi terkait persiapan menghadapi ujian nasional yang tidak lama lagi akan dihadapi para siswa. beliau berpesan kepada siswa bahwa untuk menghadapi ujian nasional ini selain mempersiapkan diri dengan penguasaan materi pembelajaran para siswa juga wajib mempersiapkan rohani dan mental. 

“Bukan hanya persiapan materi pembelajaran, tetapi juga perlu dipersiapkan dalam hal rohani dan mental yaitu dengan selalu menjaga sholat lima waktu dan selalu berdoa kepada Allah SWT yang muslim atau berdoa sesuai dengan agama masing-masing bagi yang non muslim”, ujar Lutfi.

Selanjutnya beliau juga menegaskan bahwa doa orang tua sangat diharapkan demi kesuksesan di dunia maupun di akhirat kelak.

Menurut penyuluh yang juga seorang guru yang bertugas di SMP Muhammadiyah Toboali ini bahwa kegiatan penyuluhan di untuk siswa SMP Negeri 1 Tukak Sadai ini akan dilaksanakan setiap bulan sekali, untuk dapat memberikan wawasan terhadap agama bagi para peserta didik.

Sedangkan kepala SMP Negeri 1 Tukak Sadai Ponco Hadiyanto, M.Pd. saat dimintai pendapatnya terkait kegiatan penyuluhan ini mengatakan bahwa pihak SMP Negeri 1 Tukak Sadai mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi apa yang telah dilaksanakan oleh penyuluh agama  yang telah menyasar anak-anak usia sekolah.

Menurut Ponco ini sangat bagus sekali dengan harapan tentunya materi yang disampaikan terkait keagamaan, remaja dan masalah yang terkait dengan konteks usia-usia peserta didik.

“Kita tahu bahwa dalam pendidikan ini tidak terlepas dari pendidikan di sekolah, di rumah, di masyarakat, peran dari orang tua, stakeholder, masyarakat, dari pemerintah desa, dan yang paling utama itu adalah lingkungan sekolah”, Pungkas Kepala SMP Negeri 1 Tukak Sadai.

Kemudian beliau mengatakan bahwa kehadiran penyuluh agama dari Kementerian Agama yang menyasar memberikan pencerahan dan informasi  wawasan keagamaan terhadap anak-anak  sangat baik sekali. (CeeS83/rma)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini