Bkgi-Bangka Selatan—Pengawas Madrasah RA/MI Kantor Kemenag Kabupaten Bangka Selatan Robinson, M.Pd. membuat suatu inovasi dalam melaksanakan supervisi  berupa supervisi secara daring atau elektronik kepada guru-guru di RA/MI Se Bangka Selatan yang menjadi binaan beliau.

“Kegiatan supervisi secara daring ini dilakukan dalam rangka implementasi dari kebijakan work form home yang telah ditetapkan oleh Menteri Agama yang berlaku kepada seluruh pegawai”, ujar Robinson kepada tim Inmas Kantor Kemenag Kabupaten Bangka Selatan melalui pesan pendek whatsapp pada Kamis (2/04/2020).

Robinson melanjutkan hal yang dilaksanakan dalam kegiatan supervisi secara elektronik kali ini terkait dengan administrasi penilaian pembelajaran guru pada 5 MI dan 6 RA se Kabupetn Bangka Selatan.

“setelah para guru mengisi form penilaian yang telah dikirim ke masing-masing guru tersebut maka langkah selanjutnya adalah dilakukan evaluasi oleh pengawas yang sifatnya evaluasi diri sendri yang sejenis dengan pengisian DIA (Daftar Isian Akreditasi) pada penilaian akreditasi”, lanjut Pengawas yang juga merupakan seorang assesor pada BAP S/M Kepulauan Babel.

Mantan Kepala MI Sinar Islam Toboali ini pun menerangkan bahwa ada 17 butir penilaian yang harus direspon oleh para guru yaitu buku nilai, penilaian harian, penilaian tengan semester, penilaian tertulis, penilaian lisan, portofolio dan pengolahan nilai.

Lebih lanjut beliau juga menambahkan bahwa butir penilaian lain yang harus direspon oleh para guru adalah terkait penilaian ketrampilan, deskripsi penilaian keterampilan, penilaian sikap melalui observasi, penilaian diri, pengolahan nilai sikap, penilaian remedial, program pengayaan, analisis evaluasi serta bank soal.

“untuk hari pertama ini yang dikirimkan form penilaian ini adalah guru-guru yang bertugas di MIN 1 Bangka Selatan dan ditargetkan pada bulan April ini semua guru RA dan MI Se Bangka Selatan telah selesai dalam mengisi form ini”, tukas Robinson, M.Pd. (CeeS83/rma)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini