Keterangan Foto : Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bangka Selatan H. Jamaludin, S.Ag., M.H. didampingi Kasi PHU H. Agus Sadimin, S.Ag., M.H. saat membuka kegiatan

Bkgi-Bangka Selatan—Bertempat di ruang pertemuan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan, Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kabupaten Bangka Selatan melaksanakan kegiatan Rapat Pra Seleksi/Rekrutmen Petugas Haji Tingkat Kabupaten Bangka Selatan, Selasa (21/01/2020).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan H. Jamaludin, S.Ag., M.H. dan dihadiri oleh Kasi PHU H. Agus Sadimin, S.Ag., M.H., Para Kasi, Kepala KUA, Pengawas Madrasah dan pegawai Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan.

Dalam sambutanya Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan menyampaikan bahwa kegiatan sengaja dilaksanakan untuk mensosialisasi terkait dengan penyelenggaraan haji tahun 2020 dan sekaligus perihal rekrutmen petugas haji, karena pada tahun 2020 ini penyelenggaraan haji akan lebih cepat dibandingkan penyelenggaraan tahun yang lalu.

lebih lanjut H. Jamaludin, S.Ag.,M.H mengatakan terkait rekrutmen petugas haji, untuk tahun 2020 ini memang ada sedikit perubahan, rencananya untuk haji tahun ini jamaah haji akan full mendapatkan makan, tidak sama dengan tahun yang lalu dimana menjelang armina maupun sepulang armina jamaah haji membeli makan sendiri, tapi untuk tahun ini jamaah haji akan full mendapatkan makan.

terkait biaya haji, diupayakan akan sama dengan biaya haji tahun tahun yang lalu meski biasanya setiap tahun biaya haji tersebut selalu naik terus, tetapi pemerintah akan terus berupaya untuk menekan biaya haji ini agar tidak naik.

“Alhamdulillah indeks kepuasaan masyarakat akan pelayanan haji tahun 2019 kemarin mengalami peningkatan, dengan prestasi atau kualitas yang sangat memuaskan meski hanya meningkat 0 koma sekian persen, dari tabel kepuasaan yang menurun adalah terkait petugas haji”, ujar Kepala Kantor

“terkait petugas haji itu maka kita akan melaksanakan rekrutment oetugas petugas haji ini dengan sebaik-baiknya, karena kalau bibitnya tidak baik nanti layanannya akan tidak baik, dengan rekrutmen petugas haji yang baik akan menghasilkan layanan yang baik”, kata Kepala Kantor

selanjutnya beliau mengatakan untuk tahun ini rencananyaPangkalpinang akan dijadikan embarkasi antara, ini sudah dibahas oleh pak Kanwil dan rombongan di palembang, tapi belum bisa dipastikan karena asrama hajinya yang belum selesai, tapi pak Gubernur Kepualaun Babel telah memberikan suport langsung berupa bantuan dana sebesar 4 miliyar lebih untuk pembangunan masjid di lokasi asrama haji. sehinggga apabila pembangunannya selesai tepat waktu sudah dapat digunakan oleh calon jamaah haji tahun 2020 ini.

Sedangkan Kasi Penyelenggaraab Haji dan Umroh H. Agus Sadimin, S.Ag., M.H. mengatakan bahwa ada tiga dasar yang menjadi dasar rekrutmen petugas haji ini, yaitu SK Dirjen PHU No. 10 Tahu 2020 terkait juknis seleksi petugas haji tahun 1441 H, yang kedua SK Dirjen PHU No. 6 terkait pedoman seleksi petugas haji tahun 1441 H, dan yang ketiga surat Kakanwil Kemenag Babel No. 221/Kw.29.3/4/HJ.00/01/2020 Tanggal 20 Januari 2020 perihal penerimaan pendaftaran seleksi PPIH Tahun 2020.

“meski info-info tersebut telah kami share melalui grup WA kantor, namun ada hal-hal yang perlu kami jelaskan kepada bapak/ibu sekalian”, lanjut Kasi PHU.

“yang pertama terkait seleksi administrasi tingkat Kabupaten Bangka Selatan sebenarnya sudah dimulai dari kemarin tanggal 20 Januari sampai dengan 29 Januari 2020 sesuai juknis yang kami terima”, Kata H. Agus Sadimin

selanjutnya Kasi PHU mengatakan untuk tahapan-tahapan seleksi sama dengan tahun yang lalu, setelah dilaksanakan seleksi administrasi akan dilaksanakan seleksi kompetensi tertulis dengan menggunakan sistem CATdi tingkat kabupaten dan provinsi, , kemudian akan dilaksanakan wawancara.

sedangkan kuota babel tahun ini terdiri dari PPIH Kloter sebanyak 5 orang dengan rincian pembimbing ibadah sebanyak 3 orang dan ketua kloter sebanyak 2 orang.sedangkan untuk PPIH Arab Saudi sebanyak 5 orang yang terdiri pelayanan konsumsi 2 orang, akomodasi 2 orang dan transportasi sebanyak 1 orang, ujar Kasi PHU.

“kami mengharapkan kepada rekan-rekan semua dapat mengikuti dan mendaftarkan berpartisipasi dalam seleksi petugas haji tahun 1441 H, kami buka selebar-lebarnya, jangan pernah berpikir bahwa kuota ini sudah ditetapkan orang-orangnya, kita yakin saja kalau sudah rezeki kita maka kita akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi petugas haji pada tahun ini”, Tutup Kasi PHU H. Agus Sadimin, S,Ag., M.H. (CeeS83/rma)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini