Bangka Selatan—-Meski adanya pembatalan pemberangkatan jamaah haji Indonesia untuk tahun 2020 ini dan masih merebaknya penyebaran COVID-19 di tengah-tengah masyarakat, tetapi hal ini tidak menyurutkan minat dan antusiasme masyarakat Bangka Selatan untuk melaksanakan pendaftaran haji.

sesuai dengan pengamatan dari tim Humas Kankemenag Kabupaten Bangka Selatan hampir tiap hari ada masyarakat yang melaksanakan pendafftaran haji dan petugas pendaftaran haji Bangka Selatan melayani mereka dengan tetap melihat dan berpedoman dengan protokoler pendaftaran haji yang telah ditetapkan oleh Direktorat Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kementerian Agama RI.

Hal ini juga dibenarkan oleh Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan H. Agus Sadimin, S.Ag., M.H. saat ditemui diruang kerjanya pada Kamis, 11/06/2020.

“Meski dalam keadaan yang masih belum menentu seperti sekarang ini ada saja masyarakat yang melaksanakan pendaftaran haji, seperti beberapa hari ini ada beberapa masyarakat yang datang dari wilayah Kecamatan Simpang Rimba yang melaksanakan pendaftaran haji, tetapi dikarenakan jumlahnya melebihi 5 orang, maka terpaksa kami bagi waktunya setiap hari maksimal 5 orang yang kami layani”, Kata H. Agus Sadimin.

Beliau menjelaskan bahwa kebijakan ini beliau ambil karena merujuk dengan Surat Edaran dari Dirjen PHU nomor 24002 Tahun 2020 Tanggal 24 Maret 2020 yang mengatur Penyesuaian mekanisme pelayanan pendaftaran dan pembatalan haji reguler pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota.

“pada surat edaran tersebut dijelaskan bahwa bahwa pelayanan pendaftaran dan pembatalan jamaah haji reguler pada tingkat Kankemenag Kabupaten dibatasi maksimal 5 orang perharinya”, terang beliau.

“Setiap masyarakat yang datang untuk mendaftar juga harus dipastikan dalam keadaan sehat, tidak dalam flu maupun batuk”, lanjutnya. (CeeS83)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini