Bkgi-Bangka Selatan—Terhitung sampai batas akhir masa pendaftarab, Sabtu (20/06/2020) panitia penerimaan peserta didik baru MA Nurul Qur’an Sidoarjo Kecamatan Air Gegas telah menerima 35 santri baru.

Informasi ini disampaikan oleh Kepala MA Nurul Qur’an Ali Akbar, S.Kom.I. melalui wakil Kepala MA yang sekaligus menjabat ketua panitia penerimaan peserta didik baru MA Nurul Qur’an bapak Citra, S.IP kepada penyusun bahan informasi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan melalui pesan whatsapp Senin (22/06/2020).

“Alhamdulillah untuk sementara kita sudah menerima pendaftaran sebanyak 35 orang calon santri untuk tahun ajaran 2020/2021 ini”, ujar Citra.

“InsyaAllah kesemuanya akan tetap bertahan karena mereka sudah melaksanakan pembayaran uang pendaftaran sebesar 50% dari yang ditetapkan”, lanjut beliau.

beliau juga mengatakan bahwa mereka akan tetap menerima pendaftaran meski masa pendaftarannya telah habis, tapi tidak akan terlalu banyak dikarenakan keterbatasan ruang kelas yang dimiliki.

dengan adanya penerimaan siswa baru sebanyak 35 orang ini berarti ada surplus siswa dikarenakan siswa yang diluluskan tahun ini adalah sebanyak 20 orang.

seperti diketahui MA Nurul Qur’an merupakan MA termuda yang berada di Kabupaten Bangka Selatan, mereka baru meluluskan dua kali siswa mereka yaitu pada tahun 2019 yang lalu sebanyak 9 siswa dan tahun 2020 sebanyak 20 siswa.

meski terbilang masih muda MA Nurul Qur’an sudah banyak menelurkan prestasi baik di tingkat Kabupaten maupun di tingkat nasional baik yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama maupun yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan serta lembaga lainnya.

“Kami akan terus berusaha untuk menunjukkan eksistensi kami di dunia pendidikan di Kabupaten Bangka Selatan ini, meski usia kami termasuk yang termuda diantaraMA, SMA, serta SMK yang ada di Kabupaten ini”, terang Citra.

MA yang berada satu yayasan dengan MTs Nurul Qur’an dan RA Nurul Qur’an serta Ponpes Nurul Qur’an ini memiliki beberapa program unggulan yaitu Rohis bidang public speaking, kegiatan jum’at berkah dan bagi santri yang mondok juga bisa mengikuti program unggulan dari pondok pesantren Nurul Qur’an yaitu tahfidz Qur’an.

“untuk program pesantren ini, santri kita sudah sering dan banyak yang pernah mengikuti MTQ maupun STQ baik tingkat kecamatan, kabupaten maupun provinsi, Alhamdulillah santri kita sudah memberikan prestasi baik bagi desa Sidoarjo maupun Kecamatan Air Gegas serta Kabupaten Bangka Selatan di bidang baca Qur’an”, terang alumni MA Darul Hikmah Desa Batu Betumpang Kecamatan Pulau Besar ini.

Wakasek MA Nurul Qur’an ini juga menjelaskan untuk tahun ajaran yang akan datang, mereka akan menambahkan kegiatan ekrtakulikuler yang baru yaitu olahraga memanah yang akan melengkapi kegiatan ekstrakulikuler yang telah ada.

Setiap  tahun kita melaksanakan kegiatan field trip ketempat-tempat bersejarah atau tempat lainnya yang bisa menambah wawasan para santri kita dan pengembangan organisasi pecinta madrasah, lanjut Citra.

MA Nurul Qur’an selain melaksanakan pengembangan OSIS dan Rohis, kami juga kembangkan pemilihan duta pelajar MA Nurul Qur’an yang ditujukan untuk melatih anak dalam berorganisasi, siswa yang terpilih dalam pemilihan duta pelajar untuk setiap tahunnya akan diberikan beasiswa khusus dari madrasah, sedangkan salah satu tugas duta pelajar ini adalah mengkoordinir organisasi OSIS dan Rohis, jelas Citra, S.IP. (CeeS83)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini