Bangka Selatan—Kepala Seksi PAKIS Amran, S.Ag. mewakili Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan H. Jamaludin, S.Ag., M.H. menerima kunjungan dari pengurus Yayasan Cahaya Toboali Jum’at (26/06/2020).

Adapun tujuan dari kedatangan rombongan dari Yayasan Cahaya Toboali yang dipimpin oleh Ustadz Bahtiar, S.Pi., M.T. dan Ustadz Alanshori, S.Th.I., M.Pd ini adalah untuk konsultasi terkait rencana pendirian Pondok Pesantren.

Kasi PAKIS Kankemenag Bangka Selatan yang didampingi oleh Pelaksana Seksi PAKIS Jumiati, S.Sos.I mengatakan menyambut baik rencana pendirian Pondok pesantren oleh Yayasan cahaya ini.

Beliau juga menjelaskan prosedur pengajuan pendirian pondok pesantren dan apa saja berkas yang perlu dipersiapkan oleh pihak yayasan.

Kasi PAKIS mengharapkan dengan bertambahnya pondok pesantren di Bangka Selatan ini mampu menghadirkan suasana keagamaan khususnya Islam di Bumi Junjung Besaoh.

Jumiati, S.Sos.I. mengatakan bahwa proses pendirian sebuah pondok pesantren itu dimulai dari penyampaian berkas oleh pihak yang mengajukan pendirian ponpes, kemudian pihak Seksi PAKIS akan melakukan pemeriksaan berkas serta monitoring ke lapangan untuk memverikasi langsung terkait kesesuaian antara apa yang ada diberkas ajuan dengan apa yang ada di lapangan.

Setelah dinyatakan lengkap kemudian pihak Kankemenag mengajukan permohonan ke Kanwil Kemenag Provinsi untuk diberikan rekomendasi pendirian ponpes tersebut.

“Kalau surat rekomendasinya sudah keluar, maka kami akan segera meng-upload semua berkas serta surat rekomendasi nya ke aplikasi pendaftaran ponpes secara online untuk”, ujar Jumiati.

Kalau nomor statistiknya sudah keluar baru SK operasionalnya dapat diterbitkan oleh Kepala Kantor Kemenag, lanjut beliau.

Untuk dapat diketahui Yayasan Cahaya Toboali ini merupakan sebuah yayasan yang bergerak di bidang pendidikan yang menaungi beberapa lembaga pendidikan baik formal maupun non formal yaitu TKIT Cahaya, SDIT Alam Cahaya, SMP Qur’an Cahaya dan Rumah Qur’an Cahaya.

Adapun pesantren yang akan didirikan oleh pihak Yayasan Cahaya ini adalah berbentuk Pondok Pesantren Salafiyah. (CeeS83).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini