Simpang Rimba – Dua hari berturut-turut, pagi menjelang siang Madrasah Tsanawiyah (MTs) Negeri 1 Bangka Selatan mengadakan Ujian Praktik pada Calon Siswa Baru, Sabtu (4/7/2020). Ujian praktik ini merupakan tahapan akhir dari serangkaian Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) MTs Negeri 1 Bangka Selatan mulai dari berkas administrasi daring sampai pendaftaran daring (form online). Setiap calon siswa yang mendaftar sebagai siswa baru di MTs Negeri 1 Bangka Selatan mesti melewati ujian terlebih dahulu yakni ujian praktik sholat dan membaca Al Qur’an.

Satu diantara guru penguji, Ida Parida, menjelaskan, ada bebrapa anak perempuan merasa kesulitan saat membaca Al Qur’an. “Jangan gugup, tidak apa-apa klo belum bias baca Qur’an, nanti disini diajarin, asal berusaha, yakin dan jangan putus asa,!!” Ujar penguji.

Ia menjelaskan, penilaian ujian praktik baca Al Quran itu indikatornya dilihat dari kebenaran membaca huruf-huruf Arab dan dari sisi panjang dan pendeknya bunyi ayat. Dan dalam praktik sholat dari kebenaran gerakan sholat dan bacaannya, kelancaran membaca do’a iftitah dan qunut subuh.

Kepala MTs Negeri 1 Bangka Selatan  mengungkapkan, tes ujian praktik berlangsung selama 2 hari (2 dan 3 Juli 2020). Kebanyakan peserta berasal dari Sekolah Dasar, Madrasah Ibtidaiyah hanya 1 dari total keseluruhan. Karena memang di Kecamatan Simpang Rimba khususnya, belum ada Madrasah Ibtidaiyah (MI). Ujian Praktik ini bertujuan sebagai bahan pemetaan kemampuan siswa agar memudahkan Pembina dalam membimbingnya.

“Hasil tes ujian praktik ini akan dijadikan sebagai bahan pemetaan kemampuan siswa agar memudahkan Pembina BBQ dalam melakukan treatment bacaan dengan harapan siswa memiliki peningkatan nantinya” Ujar Rosita selaku Kamad. Kepala MTsN 1 Bangka Selatan berharap ketika masuk tahun ajaran baru, dewan guru Pembina BTQ dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya agar apa yang ditargetkan oleh madrasah bisa terwujud. (7uw4d1/CeeS83)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini