Bangka Selatan—Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan H. Jamaludin, S.Ag., M.H. didampingi oleh Kasi Bimas Islam H.M. Karyawann, S.Ag. serta dua orang pelaksana Seksi Bimas melaksanakan kegiatan monitoring dan evaluasi Ke Kantor Urusan Agama Kecamatan Toboali dan Tukak Sadai, Selasa (7/7/2020).

Menurut rilis informasi yang didapat penyusun bahan informasi dari Kasi Bimas Islam kegiatan monev ini ditujukan untuk mengevaluasi kinerja KUA secara umum dan akan dilaksanakan ke KUA-KUA Se Kabupaten Bangka Selatan.

Adapun yang menjadi fokus pada kegiatan monev kali ini adalah laporan penggunaan dana PNBP di tingkat KUA serta laporan pertanggung jawabannya serta laporan pengeluaran penggunaan buku nikah.

Terkait pengunaan anggaran yang bersumber pada PNBP, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan berpesan kepada Kepala KUA Baik Kepala KUA Tukak Sadai Bahridi, S.H.I. maupun Kepala KUA Toboali Leo Saputra, S.S. agar pihak KUA untuk dapat menggunakan anggaran tersebut sesuai dengan Juknis serta membuatkan laporan pertanggung jawabannya sesuai dengan realita penggunaan anggaran yang sebenarnya.

“Jadi penggunaan anggaran PNBP oleh pihak KUA ini harus sesuai dengan Juknisnya, tidak boleh pihak KUA memutar atau mengalihkan anggaran PNBP itu yang tidak sesuai dengan Juknisnya”, ujar Kepala Kantor.

“dan jangan lupa LPJnya harus dibuat serapi mungkin dan harus melampirkan bukti penggunaan anggarannya seperti nota belanja serta kuitansinya harus sesuai dengan realitas di lapangan”, lanjutnya.

Sedangkan terkait dengan penggunaan buku nikah, Kepala Kantor mengatakan bahwa pengeluaran buku nika harus sesuai dengan aturannya, dalam arti kata data yang ada di Simkah terkait pencatatan pernikahan harus sama dengan data yang dicatat terkait pengeluaran penggunaan buku nikah tersebut.

“jangan sampai terjadi, kepala KUA menerbitkan buku nikah hanya karena ada masyarakat yang minta tapi kita tidak tahu apakah benar ada peristiwa pernikahannya ada atau tidak”, terangnya.

Selain itu Kepada Kepala KUA Tukak Sadai, Kepala Kantor berpesan agar dapat merapikan ruang kerja di Kantornya agar masyarakat yang datang ke kantor merasakan kenyamanan.

“KUA Tukak Sadai ini adalah KUA dengan Konsep green office, jadi pohon yang sudah ada ini untuk dapat dirawat dan ditata serta program 1 catin 1 pohon yang sudah berjalan dengan baik oleh Kepala KUA sebelumnya untuk dapat dilanjutkan kembali”, kata H. Jamaludin, S.Ag., M.H kepada Kepala KUA Tukak Sadai serta para pegawainya.

Kepada Kepala KUA Toboali, Kepala Kantor berpesan untuk dapat memaksimalkan fungsi aplikasi klik samawa untuk dapat memaksimalkan layanan kepada masyarakat.

Pada kegiatan monev ke kedua KUA hari ini, pelaksana seksi Bimas yaitu Santiana, S.E dan Yatinem langsung memeriksa LPJ penggunaan anggaran PNBP maupun penggunaan pengeluaran buku nikah secara langsung. (CeeS83)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini