Bangka Selatan–Menjelang Idul Adha 1441 H/2020 Masehi yang dalam hitungan hari, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan mengumumkan terkait penyelenggaraan prosesi di hari raya haji tersebut.
Menurut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan H. Jamaludin, S.Ag., M.H. (21/07/2020), hal itu merujuk ke Surat Edaran Menteri Agama Republik Indonesia tentang penyelenggaraan Salat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban menuju tatanan kenormalan baru atau new normal.
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan, H. Jamaludin, S.Ag., M.H. menjelaskan bahwa ibadah salat ied dan penyembelihan hewan kurban tetap mengedepankan protokol kesehatan COVID-19.
“Sesuai surat edaran tersebut, masyarakat dipersilahkan untuk menunaikan Ibadah Salat Ied dan pemotongan hewan kurban, namun menerapkan ketentuan-ketentuan yang telah di instruksikan oleh pusat dalam pelaksanaannya tersebut,”┬ájelas┬áKepala Kantor.
Adapun ketentuan itu ditujukan kepada dewan masjid, panitia penyelenggaraan penyembelihan hewan kurban sekaligus semua umat muslim di Bangka Selatan yang akan melaksanakannya.
“Untuk ketentuan Salat Ied, dibolehkan di lapangan terbuka ataupun di Masjid. Namun harus menerapkan protokol kesehatan sesuai rekomendasi Gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 dari pemerintah,” terangnya.
Selain itu, lanjut Jamaludin, penyelenggaraan penyembelihan hewan kurban juga harus memenuhi persyaratan khusus dalam proses pemotongan dan pengolahan hewan kurban.
“Secara umum tetap menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Terkhususnya ada penerapan kebersihan personal panitia kurban dan penerapan kebersihan alat-alat dalam proses pengolahan hewan kurban, termasuk kebersihan tempatnya,” jelasnya.
“Panitia kurban juga harus menegur masyarakat yang biasanya ingin menonton agar selalu jaga jarak dan memakai masker,” Pungkas Beliau. (CeeS83)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini