(Simpang Rimba) Dalam rangka memberikan wawasan guru-guru, Peserta Pelatihan Jarak Jauh (PJJ) lakukan desiminasi hasil diklat pada Selasa, 28 Juli 2020. Kegiatan desiminasi ini dilakukan oleh Muhammad Suaidi, S.Pd.I sebagai peserta PJJ Penyusunan Rencana pembelajaran dan Juwadi, S.T sebagai peserta PJJ penyusunan Bahan Ajar di ruang guru MTs Negeri 1 Bangka Selatan.
Kegiatan ini juga sangat didukung oleh Rosita, S.Ag. selaku Kepala Madrasah. Dalam sambutannya ia menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat. Dan ini sangat bagus sekali untuk perbaikan madrasah kita ke depannya. “Kedepannya, saya akan melakukan supervisi secara rutin terhadap perangkat pembelajaran guru. Karena (menurutnya-red) perangkat pembelajaran bagi seorang guru itu adalah suatu kewajiban.” Tegas beliau dalam sambutan singkatnya.


Kegiatan yang diikuti oleh seluruh guru dan pegawai di madrasah berlangsung dari pukul 09.30 sampai dengan 12.00 WIB. Pemaparan dilakukan dalam dua sesi, yang pertama disampaikan oleh Muhammad Suaidi yang menyampaikan tentang Penyusunan Rencana Pembelajaran (RPP). Dalam pemaparannya, alasan diambilnya mata diklat Penyusunan Rencana pembelajaran sebagai bahan Rencana Tindak Lanjut (RTL) karena adanya keterkaitan dengan Surat Edaran nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan RPP.

“Saya kira ini sangat penting untuk disampaikan kepada teman-teman, bahwa penyederhaan RPP itu seperti apa. Disamping itu juga, saya berharap dengan adanya bentuk penyederhaan RPP ini, tidak menjadi problem lagi bagi kita semua dalam mempersiapkan rencana pembelajaran kita.” Ujarnya disela-sela memaparkan materi.
Dalam kesempatan yang sama, Juwadi, S.T sangat mengharapkan apa yang menjadi harapan kepala madarsah dapat dilaksanakan oleh seluruh komponen madrasah terutama terhadap materi yang disampaikan. “Saya berharap sekali, dengan adanya pembuatan bahan ajar elektronik ini, kita sebagai guru lebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan teknologi yang ada di sekitar kita, apalagi kondisi seperti sekarang. Meskipun kita tinggal jauh dari perkotaan, namun kita tidak ketinggalan dalam hal teknologi.” Tandasnya saat memaparkan materi.
Hadir juga dalam kegiatan ini, Wakil Kepala Madrasah bidang kesiswaan, Kepala Madrasah Aliyah Nurul Iman Permis. Dan kegiatan ini diakhiri dengan tindak lanjut pembuatan RPP satu lembar dan Bahan Ajar berbentuk e-book oleh setiap guru secara mandiri.

Penulis : M. Suaidi

Editor: Cikghu Soedi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini