Bangka Selatan—Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan resmi mengeluarkan surat terkait izin melaksanakan proses kegiatan belajar mengajar (KBM) di satuan pendidikan/lembaga pendidikan lainnya tahun 2020/2021 secara tatap muka pada masa pandemi Covid-19 dengan nomor surat 420/728/DINDIKBUD/2020 tertanggal 7 Agustus 2020.

Pada lampiran surat ini dijelaskaan sekolah mana saja yang diizinkan untuk melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka dan sekolah mana saja yang belum diberikan izin. Adapun dasar dari pemberian izin ini adalah dengan melihat kesiapan sekolah atau madrasah atau lembaga pendidikan lainnya untuk melaksanakan proses pembelajaran dimasa COVID-19 dan sudah dilakukan survey oleh tim yang dibentuk oleh DInas Pendidikan dan Kebudayaan yang bekerjasama dengan Tim Gugus Tugas Penanganan COVID-19 tingkat Kabupaten Bangka Selatan.

Menurut Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan Harus, saat ditemui di ruang kerjanya pada Selasa (11/08/2020) ada beberapa Madrasah di Kabupaten Bangka Selatan yang telah diberikan izin untuk melaksanakan pembelajaran secara tatap muka, tetapi ada juga yang belum diberikan izin.

“Ada beberapa madrasah dikita yang diberikan izin untuk melaksanakan pembelajaran secara tatap muka tetapi ada juga yang belum diberikan izin tetapi rata-rata yang belum diberikan izin ini bukan madrasahnya belum siap tetapi karena tim survey yang dibentuk oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Tim Gugus Tugas penanganan COVID 19 belum melaksanakan survey ke madrasah tersebut”, ujar Harus, S.Pd.I.

Lebih lanjut Kasi Pendidikan Madrasah mengatakan bahwa surat yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan ini hanya mengatur pemberian izin kepada lembaga pendidikan mulai dari Kelompok Bermain, PAUD, TK/RA, SD/MI, SMP/MTs serta PKBM saja sedangkan untuk MA aturannya sama dengan SMA dan SMK serta SLB.

“Dari sekian RA, MI dan MTs di Bangka Selatan pada umumnya menyatakan kesiapan untuk melaksanakan proses pembelajaran tatap muka hanya ada satu RA dan satu MI yang menyatakan belum siap untuk melaksanakan pembelajaran tatap muka yaitu RA Nurul Qur’an Desa Sidoarjo Kecamatan Air Gegas dan MI Al Ukhwas Desa Tanjung Sangkar Kecamatan Lepong”, terang Harus.

“Tetapi menurut info yang disampaikan oleh kedua Kepala RA dan MI tersebut sebenarnya mereka sudah menyatakan kesiapan tetapi untuk RA Nurul Qur’an surat yang disampaikan lewat Korwil Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kecamatan Air Gegas hilang, jadi Kepala RA nya sudah konfirmasi ulang ke pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, sedangkan untuk MI Al Ukhwah terlambat menyampaikan suratnya sehinggat status kedua RA dan MI Tersebut dinyatakan belum siap”, lanjut beliau.

Adapun lembaga pendidikan di bawah Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan yang telah diberikan izin untuk melaksanakan proses pembelajaran secara tatap muka adalah MI Darul Hikmah, MTs Negeri 1 Bangka Selatan, MIN 1 Bangka Selatan dan MI Nurul Iman sedangkan untuk yang lainnya belum diizinkan masih menunggu keputusan lanjutan dari Disdikbud.

“Bagi yang belum diizinkan dan belum disurvey oleh tim tetapi merasa siap untuk melaksanan proses pembelajaran silahkan surati lagi tim surveynya sesuai petunjuk pada surat tersebut”, Kata Kasi Pendidikan Madrasah.

Beliau juga berpesan kepada madrasah yang telah diberikan izin untuk tetap dapat mematuhi protokoler kesehatan  sesuai yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. (CeeS83)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini