Bangka Selatan—Didampingi oleh Kasubbag tata usaha dan pejabat eselon IV, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan H. Jamaludin, S.Ag., M.H. menerima kunjungan dari Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang H. Abdul Rohim, S.Ag., M.H beserta rombongan, Senin (19/10/2020).

Kedatangan rombongan dari Kantor Kemenag Kota Pangkalpinang ke Kantor Kemenag Kabupaten Bangka Selatan dalam rangka mengadakan silaturahmi dan studi banding terhadap inovasi-inovasi yang ada di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan.

H. Jamaludin, S.Ag., M.H. saat memberikan sambutan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dari Kemenag Pangkalpinang yang telah memilih Kantor Kemenag Bangka Selatan untuk dijadikan tujuan silaturahmi. beliau juga mengatakan bahwa ajang silaturahmi seperti ini sama-sama telah kita ketahui memberikan manfaat yang sangat banyak untuk kita semua.

“Sebenarnya kami menanggap kehadiran dari kawan-kawan dari kota Pangkalpinang ini tujuannya untuk bersilaturahmi, bukan untuk berstudi banding, karena kami menyadari apa yang bisa dipelajari di Bangka Selatan, karena saat ini kami tengah berusaha untuk melangkah maju”, ujar H. Jamaludin.

“tapi kami mengucapkan Alhamdulillah dan terima kasih atas kedatangan rekan-rekan dari pangkalpinang kali ini”, lanjutnya.

Kepala Kantor juga menyampaikan bahwa Kantor Kemenag Bangka Selatan sekarang ini tengah mengembankan beberapa layanan inovasi untuk memberikan kemudahan terhadap layanan kepada masyarakat.

“diantara beberapa inovasi tersebut yang paling utama adalah layanan haji yang kami beri nama SISKOHAT Mobile, yang InsyaAllah pada tanggal 27 oktober yang akan datang segera di launching dengan mengundang Dirjen Haji pusat”, terang beliau.

Beliau menjelaskan bahwa layanan SISKOHAT mobile ini memiliki lima layanan utama yaitu layanan pendaftaran haji, layanan antar jemput jamaah haji, layanan rekomendasi umroh, layanan pembatalan haji serta layanan informasi haji.

Selain SISKOHAT Mobile, menurut Kepala Kantor dihadapan para tamu dari Kemenag Kota Pangkalpinang, Kemenag Bangka Selatan juga sedang mengembangkan inovasi terkait layanan di KUA yang disebut dengan KLIK SAMAWA, ada juga layanan BAIT data serta aplikasi BAIT DATA (ABATA) yang keduanya merupakan layanan untuk memudahkan bagi masyarakat untuk dapat memperoleh data yang ada di Kemenag Basel dengan mudah.

Selain itu ada juga program DEWI BESILAH yaitu program mempromosikan destinasi wisata di basel dengan menampilkan video diserta dengan tilawah. kemudian menurut beliau ada juga layanan kependudukan yang bekerjasama dengan dinas kependudukan dan catatan sipil yang diberi nama DUK Catin dan DUK Haji.

Sedangkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang H. Abdul Rahim, S.Ag., M.H. saat memberikan sambutan mengatakan bahwa tujuan dari kedatangan rombongan dari Kota Pangkalpinang ke Bangka Selatan yang terdiri dari 40 orang pegawai mulai dari Kepala Kantor, pejabat eselon IV, PPK serta beberapa orang pegawai membuktikan apresiasi kami untuk dapat belajar ke Kantor Kementerian Agama Bangka Selatan.

“banyak hal yang dapat kami pelajari disini, dikarenakan disini salah-satu kantor Kemenag di Bangka Belitung yang banyak inovasinya, kita harus mengakui meski kami dari kota tapi untuk belajar dapat dimana saja”, ujar H. Abdul Rohim.

“seperti kita ketahui pada tanggak 27 nanti seperti yang diucapkan kepala kantor bangka selatan tadi akan diadakan launching layanan inovasi SISKOHAT Mobile, dan ini merupakan yang pertama di Indonesia”, lanjut beliau sambil mengajak semua yang hadir memberikan tepuk tangan atas keberhasilan ini.

Pada kesempatan ini juga Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pangkalpinang menyampaikan bahwa Kemenag Kota Pangkalpinang lagi mengembangkan program MOLEN atau Mobil Layanan Nikah. untuk memberikan kemudahan kepada calon pengantin yang tidak memiliki kendaraan untuk dijemput agar dapat melaksanakan pernikahan di KUA. Selain itu Kemenag Pangkalpinang juga mengembangkan program SISPENA atau Sistem Informasi Penyuluh Agama. (CeeS83)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini