Bangka Selatan—Dengan ditandai dengan pelepasan balon dan pengguntingan pita, inovasi layanan haji dan umroh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan yang diberi nama SISKOHAT Mobile resmi diresmikan pada Selasa (27/10/2020).

Peresmian layanan SISKOHAT Mobile yang merupakan layanan haji berjalan pertama di Indonesia ini dilakukan oleh Plt. Dirjen Penyelenggaraan haji dan umroh Kementerian Agama Prof. Dr. Oman Fathurrahman, M.Hum.

Pada kegiatan yang juga dihadiri oleh Bupati Bangka Selatan Dr. Drs. Ir. Justiar Noer, M.M., M.Si., Kepala Kanwil Kemenag Bangka Belitung Dr. H. Muhammad Ridwan, M.M. Kepala Biro Ortala Kemenag Priyono, S.Pd., M.Pd. Direktur dijajaran Ditjen PHU, Kepala Biro AUAK IAIN SAS Babel Drs. H. Tumiran, M.H., Wakil Kepala PA Sungailiat,Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota Se Bangka Belitung, Unsur Forkopimda Bangka Selatan, , Kepala Cabang Bank Sumsel Babel, pejabat eselon III dan IV di Lingkungan Kanwil Kemenag Bangka Belitung serta tamu undangan lainnya termasuk jamaah haji Bangka Selatan tahun 2021, Plt Dirjen PHU memberikan apresiasi terkait Inovasi ini karena sejalan dengan pengarusutamaan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024. Menurutnya, ada enam arah pengarusutamaan kebijakan negara yang dirumuskan dalam RPJMN 2020-2024, salah satunya adalah transformasi digital.

Kehadiran Siskohat Mobile di Bangka Selatan ini merupakan salah satu perubahan dalam berbagai bentuk pelayanan kepada warga negara. “Layanan siskohat mobile ini bentuk transformasi digital di Kemenag. Nantinya akan diperluas dalam skala nasional. Itu akan menjadi etalase Kemenag dalam transformasi digital pelayanan publik. Ini bukan hal sederhana, tapi istimewa. Perlu kita apresiasi betul,” terang Oman Fathurrahman.

Oman mengajak jajaran Kementerian Agama, khususnya yang membidangi layanan haji dan umrah untuk terus berinovasi. Menurutnya, salah satu inovasi yang sedang digagas Kemenag pusat adalah integrasi data. Kemenag saat ini sedang mengembangkan program satu data atau Mora One Search (MOS).

“Ke depan, kita berharap semua data Kemenag bisa dicari oleh publik hanya melalui satu pintu saja,” tuturnya.

“Mari terus berinovasi. Semoga ini bisa istiqamah dan meningkatkan kualitas layanan Kemenag, khususnya di Bangka Selatan,” harapnya.

Pada kesempatan ini juga beliau memberikan penghargaan kepada Kepala Kankemenag Bangka Selatan Jamaluddin atas Inovasi Layanan Siskohat Mobile (SIstem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu Mobile)

Bupati Bangka Selatan Dr. Drs. Ir. Justiar Noer, M.M., M.Si. mengatakan bahwa layanan SISKOHAT Mobile yang dirancang oleh Kantor Kementerian Agama KAbupaten Bangka Selatan sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan yaitu smart city.

Sedangkan Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bangka Selatan serta pihak-pihak terkait lainnya yang telah membantu dalam proses mewujudkan layanan Siskohat Mobile di Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan. (CeeS83)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini