Bangka Selatan—Kasi Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (PAPKIS) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan Amran, S.Ag. mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan H. Jamaludin, S.Ag., M.H. menyerahkan surat keputusan beserta piagam izin operasional kepada pengurus Pondok pesantren yang baru terbentuk, Selasa (10/11/2020).

Adapun Pondok pesantren yang hari ini menerima Surat Keputusan dan piagam izin operasional hari adalah sebanyak lima (5) pondok pesantren yaitu Pondok Pesantren Cahaya Toboali, Pondok pesantren Hidayatullah Toboali, Pondok pesantren Azzayad Lilulum Desa Nyelanding Airgegas, Pondok pesantren¬† Al Fatah Desa Rajik Simpang Rimba dan Ma’had Tahfidzul Qur’an Darussalam Desa Permis Simpang Rimba.

“Alhamdulillah hari ini kita bisa melaksanakan serah terima SK dan piagam izin operasional untuk pondok pesantren baru di Bangka Selatan”, ujar Kasi Papkis saat ditemui setelah acara serah terima SK dan piagam izin operasional di ruang kerjanya.

beliau mengatakan bahwa tahun 2020 ini, pihak Seksi PAPKIS Kankemenag Bangka Selatan mengajukan lima ajuaan ke pusat untuk dapat diterbitkan nomor statistik ponpesnya dan Alhamdulillah kelimanya terbit semuanya, ujar beliau.

Dengan hadirnya lima ponpes baru ini, beliau mengharapkan dapat memudahkan bagi orang tua yang mau menyekolahkan anak-anak mereka di pondok pesantren tanpa harus jauh-jauh ke luar daerah.

“Selama ini kan bagi orang tua yang mau menyekolahkan anak-anak mereka ke pondok harus keluar daerah, semoga dengan adanya ponpes baru ini bisa menjadi pilihan¬† dan memudahkan bagi orang tua yang mau menyekolahkan anak mereka ke pondok pesantren tanpa harus ke luar daerah lagi”, harap Amran, S.Ag.

Sebenarnya untuk di Bangka Selatan masih ada ponpes yang belum mendapat izin operasional dikarenakan para pengurusnya belum mengajukan izin ke Kementerian Agama, beliau mengharapkan kepada para pengurus ponpes tersebut untuk dapat segera mengajukan dokumen pengurusan izin operasional tersebut, dikarenakan dengan adanya izin operasional yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama menandakan legalitas dari ponpes itu sendiri, terang mantan Kasi Bimas Islam Kankemenag Bangka Selatan ini.

Banyak yang dapat diperoleh oleh lembaga yang memiliki dokumen legalitas berupa izin operasional tersebut salah satunya adalah setiap pondok pesantren dapat mengajukan bantuan operasional pendidikan dari Kementerian Agama dan juga dapat mengikuti kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak Kementerian Agama maupun Pemerintah Daearah seperti Pospenas, tukas Amran, S.Ag.  (CeeS83)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini