Bangka Selatan— Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan H. Jamaludin, S.Ag., M.H. menghadiri kegiatan rapat Koordinasi Lembaga Pembinaan Tilawatuil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Bangka Selatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten, Selasa (9/02/2021).

Selain dihadiri Kepala Kankemenag Basel, Rakor LPTQ Bangka Selatan juga dihadiri oleh Ketua LPTQ Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Padillah, S.Pd.I., M.H., Kabag Kesra Setda Kabupaten Bangka Selatan H. Muhson, S.ST., M.M, Ketua LPTQ Kabupaten Bangka Selatan Gunawan, S.Pd.I beserta para Pengurus Inti, serta dihadiri oleh Camat se-Bangka Selatan dan Ketua Apdesi Kabupaten Bangka Selatan Ahmad Basahir.

Sedangkan yang menjadi pokok pembahasan pada Rakor kali ini adalah terkait pembahasan awal program kerja LPTQ,  pelaksanaan STQH 2021 dan persiapan Bangka Selatan sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQH Tahun 2022 .

Dalam sambutannya Ketua LPTQ Kabupaten Bangka Selatan Gunawan Ilyas, S.Pd.I memaparkan rencana time schedule pelaksanaan STQH Tahun 2021 di tingkat kecamatan agar dilaksanakan pada bulan Pebruari dan Maret, tingkat Kabupaten akan dilaksanakan pada awal Bulan Juni dan tingkat provinsi akan dilaksanakan pada Bulan Nopember atau Desember.  Lebih lanjut beliau mengharapkan seiring dengan masih terjadi penyebaran virus Cavid 19 yang masih berlanjut, agar pelaksanaan di semua tingkat tetap ketat dalam memperhatikan protokoler kesehatan.

Sementara itu dalam sambutannya Kepala Kantor Kemenag Bangka Selatan H. Jamaludin, S.Ag., M.H. mengatakan bahwa dalam rangka menuju prestasi Bangka Selatan hususnya dan Provinsi Bangka Belitung umumnya mengharapkan untuk mempersiapkan bibit-bibit tingkat desa, tingkat kecamatan dan tingkat kabupaten yang sudah dijaring agar senantiasa di suport dan dibina secara rutin sehingga tingkat provinsi tinggal pinishing dan melengkapi persiapan.

Kabag Kesra Setda Basel H. Muhson, M.M. yang mewakili Bupati Bangka Selatan menyampaikan dalam sambutannya bahwa dalam pelaksanaan STQH saat ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, saat ini kita dihadapkan dengan berbagai kesulitan dan tantangan, baik dari segi pelaksanaan karna harus adaptasi dengan penyebaran virus covid maupun dari segi penganggaran karena ada beberapa pemangkasan . walaupun demikian kegiatan syiar agama tetap harus di bumikan di Negeri Junjung Besaoh ini. Dalam rangka mendukung dan mensuport kegiatan LPTQ ini Pemerintah Daerah sudah menganggarkan dana Hibah LPTQ, kemudian akan meluncurkan program TAZKIYAH yaitu beasiswa kepada para penghapal Al Qur’an minimal 5 juz, dan akan memprogramkan hadiah umrah bagi peserta STQH dan MTQH yang berprestasi di Tingkat Nasional.

Ketua LPTQ Provinsi Kep Bangka Belitung Padillah, S.Pd.I., M.H. yang menyempatkan diri untuk hadir pada pertemuan ini mengatakan bahwa LPTQ Kabupaten Bangka Selatan saat ini dirasakan banyak perubahan yang sangat positif baik dari segi pelaksanaan maupun dalam meraih prestasi, karna tahun sebelumnya Basel berada di jajaran ke 5, tapi pada tahun 2020 naik peringkat diposisi Juara Umum 2 Tingkat Provinsi. Lebih lanjut Ketua LPTQ Provinsi mengharapkan seiring dengan Bangka Selatan akan menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQH Tahun 2022 agar dari saat ini sudah mempersiapkan diri, mensosialisasikan dan berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah terkait penganggaran.

Seluruh Camat se-Basel yang sempat hadir dan Ketua Apdesi Kabupaten mereka juga sepakat akan ikut mensukseskan segala tahapan-tahapan pelaksanaan STQH dan MTQH disemua tingkatan baik mulai penjaringan ditingkat Desa, Tingkat Kecamatan maupun di Tingkat Kabupaten Nanti. (CeeS83)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini