Bangka Selatan—Dalam rangka membahas terkait pelaksanaan ujian madrasah tingkat MI tahun pelajaran 2020/2021, KKM MI Bangka Selatan bersama dengan KKG MI melaksanakan rapat koordinasi ujian madrasah tingkat MI secara daring, Selasa (23/02/2021).

Pada kesempatan rakor kali kali ini, pihak KKM MI Bangka Selatan mengundang Pengawas Madrasah tingkat RA/MI Kabupaten Bangka Selatan Robinson, M.Pd. Adapun yang menjadi fokus pembahasan pada rakor kali ini Keputusan Dirjen Pendidikan Islam nomor 752 tahun 2021tentang POS ujian madrasah tahun 2021.

Menurut Robinson untuk tahun 2021 syarat peserta Ujian Madrasah (UM) adalah terdaftar pada tahun terakhir pada MI,memiliki NISN, dan memiliki laporan lengkap penilaian hasil belajar mulai kelas IV semester I sampai dengan kelas VI semester I.

Adapun tata cara pendaftaran peserta UM menurut Pengawas Madrasah sesuai dengan POS UM dilakukan oleh satuan pendidikan, kemudian kepala madrasah penyelenggara UM menetapkan daftar peserta ujian dalam bentuk SK lalu kepala madrasah mengatur dan menetapkan nomor peserta UM dengan kepala madrasah penyelenggara UM menerbitkan kartu peserta UM.

“Madrasah yang dapat menyelenggarakan UM adalah madrasah yang terakreditasi berdasarkan keputusan dari BAN S/M, sedangkan bagi madrasah yang belum terakreditasi dapat melaksanakan ujuan dengan cara menggabung dengan madrasah yang terakreditasi”, terang Robinson.

“Bagi madrasah yang sudah habis masa berlaku akreditasinya dan masih dalam tahap pengajuan tetap boleh menyelenggarakan UM, tetapi harus menunjukkan surat usulan perpanjangan akreditasi”, lanjutnya.

Untuk bentuk ujiannya, madrasah dapat melaksanakan dengan memilih salah satu dari empat bentuk ujian sesuai POS yaitu ujian tulis, ujian praktek, penugasan ataupun protofolio.

Selanjutnya pengawas madrasah menjelaskan terkait materi ujian, kisi-kisi UM, naskah soal UM, prosedur penyusunan kisi-kisi dan soal yang tentunya berdasarkan POS UM yang telah disampaikan oleh pihak Ditjen Pendidikan Islam.

Pada rakor ini disepakati bahwa pelaksanaan ujian madrasah tingkat Madrasah Ibtidaiyah di Bangka Selatan adalah diselenggarakan pada tanggal 5 sampai dengan 10 April 2021. (CeeS83)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini