Bangka Selatan—Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh bersama dengan pihak Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu (TKIT) Cahaya Toboali melaksanakan pelatihan manasik haji bagi siswa, Selasa (9/3/2021) bertempat di halaman belakang TKIT Cahaya Toboali yang beralamat di Jalan Puput Desa Gadung Toboali.

Pelaksanaan pelatihan manasik haji kali ini diselenggarakan selama dua hari mengingat penyebaran covid 19 yang masih masif dan siswa yang mengikuti pelatihan ini dibagi menjadi dua rombongan dan seluruh siswa diwajibkan menerapkan protokoler kesehatan seperti memakai masker dan tetap menjaga jarak yang diawasi langsung oleh para guru TKIT Cahaya.

Untuk hari pertama materi pelatihan yang berupa teori mulai dari pengenalan rukun haji dan syarat haji dan dilanjutkan dengan praktek terkait pelaksanaan ibadah haji mulai dari pemakaian ihrom, tawaf, sya’i dan lainnya disampaikan oleh Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kankemang Basel H. Agus Sadimin, S.Ag., M.H. dan untuk besok (10/03/2021) hari kedua dan untuk kelompok yang kedua materinya akan disampaikan oleh Kasubbag Tata Usaha yang juga merupakan mantan Kasi PHU Kankemenag Bangka Selatan Hl. Iskandar, S.Pd.I., M.M.

Kasi PHU Bangka Selatan mengatakan kegiatan pelatihan manasik haji bagi siswa TKIT Cahaya ini merupakan tindak lanjut dari perjanjian kerjasama antara Kankemenag Bangka Selatan dengan TKIT Cahaya Toboali yang telah dimulai sejak tahun 2018 yang lalu.

Beliau juga menambahkan kegiatan manasik ini ditujukan untuk memberikan pengetahuan bagi para siswa terkait dengan pelaksanaan ibadah haji.

“Hal ini sangat bagus bagi siswa tersebut, karena sejak dini mereka telah diperkenalkan dan dilatih terkait bagaimana cara, rukun, dan syarat sah haji, semoga kedepanya disaat mereka dewasa dan berkesempatan menunaikan ibadah haji maupun umroh mereka masih bisa mempraktekkan apa yang telah mereka pelajari saat ini”, ungkap H. Agus Sadimin.

Sedangkan Kepala TKIT Cahaya Mardiah, S.Pd.AUD mengatakan bahwa pelaksanaan pelatihan manasik haji ini merupakan implementasi dari kurikulum yang diterapkan oleh TKIT Cahaya yang memadukan antara pelajaran umum dan keIslaman.

“Setiap tahun kami melaksanakan latihan manasik haji bagi siswa kami yang bekerja sama dengan pihak Kantor kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan”, ujar Beliau.

Untuk tahun ini menurut Kepala TKIT siswa yang mengikuti kegiatan manasik haji ini sebanyak 75 orang siswa yang dibagi menjadi dua kelompok dikarenakan terkait dengan pelaksanaan protokoler kesehatan.

“Kegiatan pelatihan manasik haji ini ditujukan untuk mengajar anak-anak didik kita terkait dengan rukun Islam yang kelima yaitu menunaikan ibadah haji bila mampu, InsyaAllah kita doakan anak-anak TKIT Cahaya bisa menunaikan ibadah haji pada suatu hari nanti”, pungkas Kepala TKIT Cahaya Mardiah, S.Pd.AUD.

Untuk hari pertama ini, Kasi PHU Kankemenag Bangka Selatan H. Agus Sadimin, S.Ag., M.H. dengan dibantukan oleh para guru TKIT Cahaya langsung memberikan contoh dan mempraktekkan terkait pelaksanaan ibadah haji. (CeeS83)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini