Bangka Selatan—Dalam rangka kemudahan pertukaran akses data peristiwa nikah dan pencatatan peristiwa perceraian di Kabupaten Bangka Selatan, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan bersama dengan Pengadilan Agama Kelas Ib Sungailiat melaksanakan penandatangan memorandum of understanding (MoU), Selasa (16/03/2021) bertempat di ruang media centre Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan.

Pertukaran data tersebut dilakukan dengan menggunakan aplikasi SIMKAH Kementerian Agama dan aplikasi validasi Akta Cerai yang ada di Pengadilan Agama.

Kepala kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan H. Jamaludin, S.Ag., M.H. pada kesempatan memberikan sambutan mengucapkan terima kasih atas kehadiran Ketua PA Kelas 1 b Sungailiat Muhammad Aliyudin, S.Ag., M.H. beserta Sekretaris PA Sungailiat Alias, S.H ke Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan.

Terkait dengan penandatangan MoU ini, Kepala Kantor mengatakan semoga menjadi suatu hal yang berguna baik bagi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan maupun bagi Pengadilan Agama Kelas I b Sungailiat serta juga dapat bermanfaat terutama masyarakat Bangka Selatan.

“Saya pikir ini merupakan suatu kemudahan-kemudahan dalam rangka memberikan akses layanan bagi masyarakat Bangka Selatan, semoga kerja sama yang baik ini bisa menghasilkan buah yang baik juga”, ujar Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan.

Sedangkan Ketua Pengadilan Agama Kelas I b Sungailiat Muhammad Aliyudin, S.Ag., M.H. mengatakan MoU ini sudah sesuai dengan arahan dari Pusat kepada seluruh ketua pengadilan di Indonesia untuk dapat mensosialisasikan kehadiran aplikasi validasi Akta Cerai ini yang baru saja dirilih pada awal tahun 2021 yang lalun kepada seluruh Kepala KUA melalui Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota se Indonesia.

“Hal ini dilakukan agar tidak ada lagi kasus akta cerai palsu, karena sekarang ini marak dilakukan”, terang Ketua PA Sungailiat.

Menurut Muhammad Aliyudin, S.Ag., M.H. MoU ini bisa dijadikan dasar hukum untuk kita masing-masing dapat masuk ke aplikasi masing-masing.

Pada kesempatan ini Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan didampingi oleh Kasubbag Tata Usaha H. Iskandar, S.Pd.I., M.M., Kasi Bimas Islam H.M. Karyawan, S.Ag dan Kasi PHU H. Agus Sadimin, S.Ag., M.H. (CeeS83)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini