Bangka Selatan—Kelompok kerja guru madrasah ibhtidaiyah (KKG MI) Kabupaten Bangka Selatan melaksanakan bimbingan penulisan soal higher order thinking skill (HOTS) atau keterampilan berpikir tingkat tinggi pada Kamis (18/03/2021) bertempat di Madrasah Ibhtidaiyah Negeri (MIN) 1 Bangka Selatan yang beralamat di Desa Pangkal Buluh Kecamatan Payung.

Kegiatan ini menurut Pengawas Madrasah tingkat RA/MI Kankemenag Bangka Selatan Robinson, S.Pd.I., M.Pd. merupakan tindak lanjut dari kegiatan bimbingan teknis penulisan soal HOTS yang diselenggarakan oleh Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Babel beberapa waktu yang lalu yang mewajibkan peserta  bimtek tersebut untuk melaksanakan pengimbasan kepada guru-guru MI di wilayah kerja masing-masing.

Adapun yang menghadiri kegiatan ini adalah Pengawas Madrasah tingkat RA/MI Kankemenag Bangka Selatan Robinson, S.Pd.I., M.Pd., Ketua KKG MI Bangka Selatan Romlan, S.Pd.I., Kepala MIN 1 Bangka Selatan Herlina Agustina, S.Pd dan seluruh guru MI Se Bangka Selatan dengan pembicara utama adalah Mulya Sari, S.Pd.I.

Pengawas Madrasah Tingkat RA/MI Kankemenag Bangka Selatan saat memberikan sambutan menyampaikan terkait pengantar terkait apa itu HOTS, tahapan-tahapan peyusunan soal HOTS dan revisi vaksonomi blum.

Sedangkan Ketua KKG MI Bangka Selatan Romlan mengucapkan terima kasih atas kehadiran para guru-guru MI se Bangka Selatan untuk mengikuti kegiatan bimbingan penulisan soal HOTS kali ini.

Mulya Sari, S.Pd.I. saat memaparkan materi terkait penyusunan soal keterampilan berpikir tingkat tinggi atau higher order thinking skills mulai dari penyusunan kisi-kisi soal, fungsi kisi-kisi serta syarat-syarat kisi-kisi yang baik.

“Ada tiga kriteria kompetensi atau materi penting dalam penyusunan soal HOT yaitu urgensi, kontinuitas, relevansi serta keterpakaian”, terang Mulya Sari.

Sedangkan rumusan indikator soal menurut Mulya Sari ada empat adalah audience, behaviour, conditioan dan degree. dan Mulya saru memberikan penjelasan dua jenis teknik perumusan indikator soal yang terdiri dari dua macam yaitu soal yang terdapat stimulus dan soal yang tidak terdapat stimulus.

Diakhir kegiatan seluruh peserta melaksanakan revisi soal ujian madrasah dan ujian madrasah sendiri akan dilaksanakan pada 5 sampai 10 April 2021. (CeeS83)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini