Bangka Selatan—Jamaah Haji Kabupaten Bangka Selatan keberangkatan tahun 2019 resmi mendapatkan kartu keluarga dan kartu tanda penduduk baru yang telah mencantumkan gelar haji di depan nama masing-masing jamaah haji tersebut.

Hal ini ditandai dengan penyerahan KK dan KTP baru yang dilakukan oleh Wakil Bupati Bangka Selatan Debby Vita Dewi, S.E kepada perwakilan jamaah haji tahun 2019 yang dilaksanakan pada Kamis (29/04/2021) bertempat di ruang pertemuan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan.

Hadir pada kegiatan penyerahan KK dan KTP baru kepada jamaah tahun 2019 Pj. Sekda Kabupaten Bangka Selatan Ahmad Anshori, S.H., M.Si, Kepala Dinas Dukcapil Benny Supriatama, S.STP, M.Si, Kabag Kesra H. Muhson, S.ST., M.M. Kabid administrasi kependudukan Dinas Dukcapil Komar, S.IP., M.A., M.AP. dan perwakilan jamaah haji Bangka Selatan tahun 2019.

Sedangkan dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan mendampingi Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Bangka Selatan H. Jamaludin, S.Ag., M.H. hadir juga Kasubbag TU H. Iskandar, S.Pd.I., M.M., Kasi PHU H. Agus Sadimin, S.Ag., M.H. dan Kasi Bimas Islam H.M. Karyawan, S.Ag.

Seperti diketahui pembaruan dokumen kependudukan yang berupa KK dan KTP bagi jamaah haji di Kabupaten Bangka Selatan merupakam sebuah program inovasi yang dimiliki oleh Kankemenag Bangka Selatan yang menggandeng pihak Dinas Dukcapil Pemkab Bangka Selatan yang ditandai dengan penandatangan nota kesepahaman yang telah dilaksanakan pada tahun 2019 yang lalun.

“Penyerahan kali ini merupakan untuk kali kedua dilaksanakan setelah penyerahan pada tahun 2019 yang lalu”, ujar Jumiati, S.Sos.I., M.Pd. kepada tim Inmas Kankemenag Bangka Selatan.

H. Jamaludin, S.Ag., M.H. saat memberikan sambutan mengatakan bahwa jamaah haji tahun 2019 patut bersyukur karena telah selesai melaksanakan ibadah haji, dikarenakan seperti diketahun jamaah haji tahun 2020 gagal menunaikan ibadah haji dikarenakan adanya pandemi covid 19, sedangkan untuk tahun 2021 ini masih menjadi tanda tanya apakan akan tetap diberangkan atau tidak.

“sampai saat ini kita masih menunggu informasi dari Pemerintah Arab Saudi, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama telah menyiapkan segala hal termasuk vaksin untuk jamaah, pelaksanakan manasik, paspor dan lain-lain, tetapi keputusan akhir tetap menunggu keputusan pemerintah Arab Saudi”, terang Kepala Kantor.

Kepala Kantor juga menerangkan bahwa Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan sejak tahun 2019 yang lalu tengah mengembangkan 13 inovasi. layanan inovasi yang dianggap paling spektakuler yang dimililki oleh Kankemenag Bangka Selatan adalah inovasi terkait layanan haji dan umroh yang diberi nama SISKOHAT Mobile yang telah diresmikan oleh Plt Dirjen PHU pada bulan Oktober tahun 2020 yang lalu.

Pembaruan dokumen kependudukan yang berupa KK dan KTP ini merupakan salah satu layanan inovasi yang dimiliki oleh Kankemenag Bangka Selatan yang diberi nama DUKHAJI atau data kependudukan jamaah haji yang bekerja ssama dengan pihak Dinas Dukcapil Bangka Selatan.

“Jadi kami sengaja mengawal para jamaah haji ini mulai dari proses pendaftaran yang kita beri kemudahan dengan layanan SISKOHAT Mobile ini, pas pulangnya dokumen kependudukannya pun kita buatkan yang baru dan semuanya gratis”, Jelas H. Jamaludin kepada Ibu Wakil Bupati Bangka Selatan.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati yg juga di kenal dengan sebutan Bunda Debby ini sangat mengapresiasi kepada kemenag Kab. Bangka Selatan terhadap layanan DUK Haji dan Siskohat Mobile.

Dengan adanya inovasi ini akan membuat masyarakat lebih efisien dari segi biaya dan waktu, beliau berharap masyarakat Bangka Selatan lebih mudah untuk mendaftar haji, proses pembatalan haji, rekomendasi pembuatan paspor umrah dan informasi-informasi terkait haji.

“Terimakasih kepada keluarga besar Kementerian Agama Bangka Selatan yang telah berinovasi untuk memberikan pelayanan kepada Masyarakat Bangka Selatan” ucap Bunda Debby Vita Dewi.

Setelah acara penyerahan KK dan KTP, Ibu Wakil Bupati Bangka Selatan berkesempatan untuk melaksanan talkshow terkait RB di ruang Media Centre Kankemenag Bangka Selatan dan Bunda Debby juga melihat langsung armada layanan Siskohat Mobile. (CeeS83)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini