Dalam rangka pentingnya tertib administrasi kepenghuluan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat terkait Nikah, Talak, Cerai dan Rujuk (NTCR), Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan H. Jamaludin, S.Ag., M.H. didampingi Kasi Bimas Islam H. M. Karyawan, S.Ag beserta Staf, Penghulu dan Kepala KUA se-Bangka Selatan melakukan audiensi ke Pengadilan Agama Sungailiat Kelas IB (02/06/2021). Audiensi ini disambut hangat oleh Ketua PA Muhammad Aliyuddin, S.Ag., M.H. yang juga didampingi oleh Sekretaris Alias, S.H. dan Panitera Hasmawati, SH . Pengadilan Agama Sungailiat Kelas IB mempuyai Wilayah Yurisdiksi yang terdiri atas Kabupaten Bangka, Kabupaten Bangka Tengah dan Kabupaten Bangka Selatan .

Bincang-bincang santai sambil perkenalan sembari menikmati kopi yang sudah dihidangkan, mengawali audiensi Ketua Pengadilan Agama Sungailiat Kelas IB mengatakan, beliau sangat faham betul situasi, kondisi, suka dan duka pelayanan ditingkat KUA sebagai ujung tombak pelayanan terdepan pada Kementerian Agama, karena beliau pernah merasakan langsung saat mengenyam pendidikan SMP tinggal di Kantor KUA selama tiga tahun ikut bersama paman yang saat itu menjabat sebagai Kepala KUA yang bertugas di plosok Daerah Sumsel, kenang beliau.

Dalam sambutannya Kepala Kemenag Bangka Selatan mengucapkan terimakasih atas penerimaan dan sambutan yang penuh dengan suasana akrab, santai dan kekeluargaan. Demikian pula Ketua Pengadilan Agama menyampaikan kata sambutannya, beliau sangat menantikan kehadiran Kepala Kantor Kementerian Agama dan para Kepala KUAnya di Kantor PA ini karna pentingnya koordinasi dan silaturahmi dalam rangka menselaraskan titik singgung persamaan layanan kepada masyarakat, karena apa yang menjadi problematika layanan di KUA maka akan muncul dan berahir di Pengadilan Agama .

Pada kesempatan audiensi ini, Ketua PA Sungailiat mempersilahkan seluruh peserta audiensi untuk menyampaikan problematika, hambatan-hambatan sekaligus harapan dan rancangan kerjasama terhadap titik singgung persamaan layanan, sehingga banyak hal yang menjadi topik pembicaraan, mulai dari isbat nikah, dispensasi nikah dan layanan kepenghuluan lainnya serta permasalahan seputar Pengangkatan Anak (adopsi) .

Diahir pembincangan dalam audiensi ini Kepala PA dan Kepala Kemenag, kedua belah pihak sama-sama mengharapkan komunikasi dan sinergitas tetap terjalin dengan membentuk komunikasi group agar hambatan dan problematika layanan kepada masyarakat dapat terkoordinasi dan terselesaikan dengan pelayanan yang terbaik .

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini