Layanan Siskohat Mobile Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka Selatan kembali melakukan jemput bola terhadap calon jamaah haji yang domisilinya jauh dari Kantor Kemenag Bangka Selatan. Pada Selasa (9/11/2021), bertempat di Kantor Bank SumselBabel Unit Tukak Sadai, layanan siskohat mobile memfasilitasi pendaftaran calon jamaah haji yang berasal dari Desa Penutuk Kecamatan Kepulauan Lepar Kabupaten Bangka Selatan atas nama Farida Ariantini dan Dalwis.

Dalam kesempatan kali ini ada dua orang jamaah yang difasilitasi pendaftaran hajinya. H. Rustan selaku pendamping masyarakat yang mendaftar haji sangat mengapresiasi dan berterima kasih dengan adanya layanan siskohat mobile ini, karena menurut mereka sangat membantu dari segi finansial, waktu dan tenaga.

“Kami sangat berterima kasih kepada Kantor Kemenag Basel yang telah memberikan kemudahan pendaftaran haji, yang mana sebelumnya kami harus ke Toboali untuk mendaftar Haji sekarang cukup di sini, jadi tidak perlu jauh-jauh,” ungkap H. Rustan.

Pendaftaran haji yang difasilitasi Kantor Kemenag Basel melalui layanan siskohat mobile bekerjasama dengan Bank SumselBabel ini selain mempermudah calon jamaah haji juga sangat efektif dan efisien. Hal ini terbukti dengan proses pendaftaran yang hanya memerlukan waktu kurang lebih lima menit perorangnya.

Dalam kesempatan lain, H. Agus Sadimin, selaku Kepala Seksi PHU Kantor Kemenag Basel mengungkapkan bahwa Layanan siskohat mobile pada seksi Pelayanan Haji dan Umrah (PHU) ini merupakan salah satu inovasi di Kantor Kemenag Bangka Selatan di bawah kepemimpinan Bapak H. Jamaludin. Layanan siskohat mobile ini bertujuan mempermudah masyarakat yang berada jauh dari Kantor Kemenag Kabupaten Bangka Selatan untuk mendaftar haji. Layanan siskohat mobile siap mendatangi lokasi jamaah yang jauh, sehingga jamaah tidak perlu lagi datang ke Kantor Kemenag Basel. Jamaah yang hendak mendaftar tinggal menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan kemudian siskohat mobile dan petugas bank Sumselbabel akan beriringan menuju lokasi pertemuan yang paling dekat dekat dengan domisili calon jamaah atau langsung kerumah calonjamaah yang akan mendaftar haji.

Lebih lanjut beliau menyatakan bahwa layanan siskohat mobile ini dilaksanakan pada setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka Selatan sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat. Selain itu, jika ada permintaan calon jamaah di luar jadwal yang sudah dibuat tetap akan dilayani. Namun untuk sementara ini layanan hanya dilakukan pada rute yang bisa ditempuh melalui perjalanan darat. Jika ada calon jamaah haji yang berada di pulau-pulau yang rute perjalanannya melalui laut, maka akan diminta untuk datang pada suatu lokasi terdekat dan bisa ditempuh melalui perjalanan darat.(jm)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini