Pesantren Gadung melaksanakan pelantikan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Al-Hidayah masa bakti 2021/2022, Selasa (9/11/2021). Pelantikan yang dilaksanakan di Pantai Kelisut Toboali diikuti oleh seluruh pengurus OSIS dan seluruh santri serta seluruh ustadz-ustadzah.

Kegiatan pelantikan pengurus OSIS tahun ini sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya. Jika pada tahun sebelumnya kegiatan pelantikan hanya dilaksanakan di komplek Pesantren Gadung, tahun ini sengaja dilaksanakan di luar. Hal ini dilakukan demi untuk mencari suasana baru sekaligus merupakan refresing bagi para santri dan ustadz-ustadzah. Walaupun demikian seluruh peserta diharuskan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Format kegiatan pelantikan ini seperti upacara dengan adanya seorang pembina upacara. Bertindak sebagai pembina upacara, kepala MTs Al-Hidayah. Acara pelantikan dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, pengucapan janji oleh pengurus yang dilantik, penyerahan bendera pataka dari pengurus yang lama kepada pengurus yang baru dilanjutkan dengan penandatangan berita acara pelantikan dan ditutup dengan pembacaan doa.

Kepala MTs Al-Hidayah, Syamsul Bahri, selaku pembina upacara pelantikan dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada pengurus OSIS yang baru dan menyampaikan terima kasih kepada pengurus yang lama serta meminta kepada pengurus yang baru dan pengurus yang lama untuk selalu berkoordinasi dalam menjalankan organisasi.

“Selamat untuk pengurus yang baru dan terima kasih untuk pengurus yang lama, jangan malu-malu untuk berkoordinasi antara pengurus yang baru dengan pengurus yang lama,” tukas Syamsul.

Beliau juga mengibaratkan bahwa sebuah organisasi, termasuk OSIS, bagaikan sebuah bangunan rumah. Di mana pada sebuah rumah terdapat beberapa komponen yang satu sama lainnya saling bekerja sama dan mempunyai fungsi masing-masing, sehingga rumah itu bisa berdiri dengan kokoh.

“Sebuah organisasi itu bisa diibaratkan bagai sebuah rumah, di mana pada sebuah rumah itu ada dinding, ada atap, ada tiang dan ada lantai. Komponen-komponen dalam sebuah rumah itu saling menguatkan dan mempunyai fungsi masing-masing. Lantai tidak “minder” walau dia berada di bawah begitupun atap tidak “sombong” walau berada di atas. Nah, seharusnya pengurus OSIS bisa meniru hal itu, sehingga tidak ada lagi rasa minder jika hanya menjadi pengurus atau tidak sombong kalau jadi pimpinan,” harapnya.

Kegiatan pelantikan ini juga diisi dengan aneka pertandingan dan perlombaan antar kelas. Perlombaan dan pertandingan tersebut antara lain, futsal, balap karung dan estafet memindahkan karet gelang. Acara pelantikan ditutup dengan pemberian hadiah kepada para pemenang lomba.

Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS

Sebelumnya pada Selasa (26/10/2021) dilakukan pemilihan umum ketua dan wakil ketua OSIS (Pemilu Kaos) MTs dan MA Al-Hidayah Toboali masa bakti 2021/2022. Pemilihan dilakukan dengan cara dan peralatan sederhana tersebut bertujuan untuk mencari ketua dan wakil ketua yang baru. Pemilihan tersebut juga sebagai pembelajaran berdemokrasi sejak dini bagi seluruh santri. Pemilihan ini diikuti oleh seluruh santri dan ustadz-ustadzah.

Namun, walau dilakukan dengan cara dan peralatan sederhana pemilihan ini tetap menerapkan asas pemilu langsung umum bebas dan rahasia serta jujur dan adil (Luber Jurdil). Teknis pelaksanaannya yaitu satu persatu santri dan ustadz-ustadzah di persilahkan menulis nama-nama calon yang sudah ada di dalam bilik suara pada sebuah kertas yang sudah disediakan panitia. (syam)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini