Pesantren Gadung kembali mengadakan kegiatan yang positif. Kali ini kegiatan yang dilaksanakan adalah perkemahan pramuka penggalang dan penegak dengan tajuk Perkemahan Blok. Perkemahan yang dilaksanakan selama dua hari ini, yaitu Kamis-Jum’at, (18-19/11/2021) disingkat Perkaju. Perkemahan blok ini bertujuan untuk membentuk karakter para santri/santriwati Pesantren Gadung. Perkemahan yang sempat tertunda beberapa bulan lalu karena adanya pandemi covid-19 ini diikuti oleh seluruh santri, baik MTs maupun MA dan dibuka langsung oleh kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan, H. Jamaludin.

  1. Jamaludin yang pada kesempatan itu juga bertindak selaku pembina upacara pembukaan menitipkan pesan kepada para peserta agar dapat mengikuti kegiatan dengan penuh kegembiaraan dan penuh semangat. Beliau juga berpesan kepada para pembina agar lebih mengintensifkan kegiatan semacam ini agar Pendidikan karakter yang dicita-citakan bisa terwujud.

“kepada para peserta agar mengikuti kegiatan ini dengan penuh gembira dan semangat, karna dengan pramuka ini kita bisa kreatif, inovatif dan selalu siap dalam keadaan apapun. Kemudian untuk para pengurus pesantren Gadung dan para pembina, kalau bisa kegiatan seperti ini jangan hanya setahun sekali, bila perlu dua atau tiga kali dalam satu tahun dilaksanakan,” pinta Jamaludin.

Pembukaan kemah blok ini ditandai dengan penancapan pusaka ambalan pada batang pohon kelapa oleh pembina upacara sebagai simbol bahwa kemah blok pesantren Gadung tahun 2021 dimulai.

Sementara itu ketua panitia, Nazuri, menyatakan pelaksanaan kemah blok ini selain untuk merealisasikan program pesantren Gadung juga sebagai ajang pelantikan dan pengukuhan anggota baru. Adapun anggota baru yang akan dilantik dan dikukuhkan adalah kelas VII, VIII MTs dan kelas X, Xi MA.

“kemah blok ini bertujuan untuk melantik dan mengukuhkan anggota baru yang berada di kelas VII dan VIII MTs serta kelas X dan XI MA,” tukas Nazuri.

Nazuri menambahkan bahwa kemah blok ini dilaksanakan di komplek pesantren gadung dan hanya diikuti oleh santri/santriwati pesantren Gadung saja. Untuk kepanitiaan diambil dari santri/santriwati kelas akhir (IX MTs dan XII MA) dibantu oleh para alumni. Adapun kegiatan dalam kemah blok ini adalah berbagai macam perlombaan diantaranya lomba membuat pioneering, lomba memasak dan out bond.

“Untuk panitia dalam kegiatan ini diambil dari santri/santriwati kelas akhir dibantu oleh para alumni,” pungkas Nazuri.

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini