Bangka Selatan- Kemenag Basel Mengenalkan Kegiatan Manasik Haji Pada Anak TK IT Cahaya  Toboali di Masjid Baitullah Desa Gadung pada hari Kamis,(24/03/2022). Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahunnya menindaklanjuti MOU antara TK IT cahaya dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan.

Kepala TK cayaha Toboali mengatakan pentingnya untuk mengenalkan ibadah haji Kepada anak dari sejak dini agar mereka mengetahui makna dari rukun islam yang ke – 5 sehingga anak TK IT Cahaya Toboali ini melakukan kegiatan ini menggunakan kain Ihram danperlengkapan lainnya layaknya Jamaah Haji.

Mewakili Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan kegiatan Latihan Manasik Haji pada anak TK IT cahaya Toboali disampaikan oleh Kasubbag Tata Usaha H. Iskandar, S.Pd.I., M.M dan Kasi Penyelenggara haji dan Umrah H. Agus Sadimin, S.Ag.,M.H

Awalan dari Kegiatan ini pemberian materi terlebih dahulu oleh H. Iskandar, S.Pd.I., M.M didampingi oleh  H. Agus Sadimin, S.Ag.,M.H menyampaikan serangkaian Manasik haji dalam islam yaitu Ihram, Wukuf, menuju Masjidil haram, Lempar Jumrah, Tawaf, Sai, dan Tahalul.

dilanjutkan praktek Manasik Haji  diarahkan H. Iskandar, S.Pd.I., M.M didampingi oleh  H. Agus Sadimin, S.Ag.,M.H. Anak TK IT Cahaya  Toboali diarahkan untuk  latihan membaca Doa, mengelilingi Ka’bah, lari-lari kecil yang dilakukan istri Nabi Ibrahim dalm mencari air dari Bukit Safa dan Marwah , serta melempar jumrah yaitu melempar batu-batu kerikil kecil kepada dinding yang dianggap sebagai perwujudan setan penganggu manusia yang harus dihindari dan dilawan.

H. Iskandar, S.Pd.I., M.M menyampaikan  latihan atau manasik haji untuk mengenalkan pada anak-anak bagaimana tahapan atau rukun-rukun dalam ibadah haji. harapan  dengan adanya kegiatan Manasik Haji pada Anak TK menjadi bekal Iman untuk Masa depan mereka nanti.

ungkapan juga dari H. Agus Sadimin, S.Ag.,M.H. bahwa mendidik anak untuk kejalan yang benar harus dimulai dari sejak dini agar terbiasa dengan hal-hal yang baik. (eses)

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini