Bangka Selatan, Rabu 27/4/2022 Dalam rangka mengisi bulan suci Ramadhan tahun ini, Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam (PAPKIS) Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan mengadakan kegiatan pesantren kilat untuk siswa SD, SMP, SMA dan SMK. Kegiatan pesantren kilat ini terlaksana berkat kerjama sama Seksi Papkis Kantor Kemenag Basel dengan pengawas tingkat menengah, KKG SD, MGMP SMP dan MGMP SMA/SMK. Pesantren kilat yang dilaksanakan dengan memanfaatkan media sosial youtube ini dilaksanakan selama tiga hari. Jum’at (22/4) untuk jenjang SMA/SMK, Senin (25/4) untuk jenjang SD dan Selasa (26/4) untuk jenjang SMP. Peserta kegiatan pesantren kilat ini adalah seluruh siswa se-Bangka Selatan, mulai dari jenjang SD, SMP dan SMA/SMK. Rincian pesertanya adalah siswa SD kelas IV-VI, seluruh siswa SMP kelas VII-VIII dan seluruh siswa SMA/SMK kelas X-XI.

Teknis pelaksanaan kegiatan pesantren kilat ini, seluruh siswa dari jenjang SD, SMP dan SMA/SMK diwajibkan mengakses video tausiyah yang disampaikan oleh narasumber di link youtube sesuai dengan jadwal masing-masing. Dalam mengakses link youtube siswa dibimbing oleh guru Pendidikan agama islam di sekolah masing-masing. Tugas dari siswa adalah meringkas materi tausiyah yang disampaikan oleh narasumber. Kemudian hasil ringkasan tersebut wajib dikumpulkan kepada guru Pendidikan agama Islam masing-masing sebagai tambahan nilai dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun narasumber pesantren kilat ini adalah Ustadz Hilman Saepul Rahman, M.Pd. untuk jenjang SD, ustadz Heryanto, S.Pd. untuk jenjang SMP dan ustadz Fadilah Hasan, S.Pd.I. untuk jenjang SMA/SMK.

adapun link youtube pesantren kilat:

jenjang SMA https://www.youtube.com/watch?v=QxlE1Kpg4Tc&t=255s

jenjang SMP https://www.youtube.com/watch?v=zzv7eFxryBY

jenjang SD https://www.youtube.com/watch?v=GNW_6gAdn3Y

Kegiatan pesantren kilat ini disambut antusias oleh semua siswa dan guru-guru Pendidikan Agama Islam. Indikatornya dapat dilihat dari banyaknya like, komen dan subscriber di link youtube tersebut. Rata-rata komen yang ada menyatakan bahwa kegiatan pesantren kilat melalui youtube ini sangat bermanfaat untuk siswa. Seperti yang diucapkan oleh salah satu guru Pendidikan Agama Islam dari SD Negeri 13 Toboali, Maryati.

“Ide pelaksanaan pesantren kilat ini sangat baik dan luar biasa, manfaatnya sangat banyak terutama untuk sekolah kami, SD Negeri 13 Toboali” tukas Maryati.

Dalam kesempatan yang lain, Kasi PAPKIS Kantor Kemenag Basel, Jumiati, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mensukseskan kegiatan ini, terutama pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Selatan, seluruh kepala Sekolah, Pengawas dan Guru-guru PAI Se- Bangka Selatan. Selanjutnya Beliau mengungkapkan bahwa ide kegiatan pesantren kilat ini menyesuaikan dengan situasi dan keadaan sekarang ini dan untuk mengisi keberkahan bulan Ramadhan. Mengingat kondisi masih adanya pandemi jadi pelaksanaanya diadakan via daring dengan memanfaatkan link youtube.

“Terima Kasih kami ucapkan untuk Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Selatan, yang sudah bekerjasama mensukseskan kegiatan ini. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian Seksi PAPKIS Kantor Kemenag Basel untuk meningkatkan nilai-nilai agama pada siswa. Namun, mengingat kondisi kita masih adanya pandemi, jadi kami membuat inisiatif kegiatan pesantren kilat via daring menggunakan link youtube,” ujar Jumiati.

Kepala Kantor Kemenag Bangka Selatan, Jamaludin sangat mendukung kegiatan pesantren kilat ini. Melalui sambutannya dalam pengantar video tausiyah disampaikan bahwa kegiatan pesantren kilat ini sangat bermanfaat untuk anak-anak terutama untuk mengisi bulan Ramadhan ini.

“Saya berharap siswa dan guru dapat memanfaatkan kegiatan pesantren kilat ini dengan baik, karena kegiatan ini banyak nilai positifnya” ujarnya.

Melalui sambutannya juga, Jamaludin berpesan kepada siswa-siswa jangan banyak bermain di luar rumah selama bulan Ramadhan ini, lebih baik perbanyak belajar di rumah salah satunya dengan mengikuti kegiatan pesantren kilat ini. Dan untuk orangtua, beliau juga berpesan agar dapat memantau anaknya masing-masing.

“Pesan saya kepada siswa agar jangan banyak keluyuran di luar rumah, perbanyak berada di dalam rumah sambal belajar dan kepada orang tua agar dapat memantau anaknya. Salah satu pembelajaran yang dapat diikuti adalah pesantren kilat yang diadakan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan ini” ungkap Jamaludin.

Lebih lanjut, Jamaludin juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kesuksesan pelaksanaan Pesantren Kilat melalui daring beliau berharap semoga kegiatan ini bisa bermanfaat untuk semua pihak, dan kegiatan seperti ini akan terus diprogramkan pada tahun-tahun berikutnya.

“ atas nama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten mengucapkan terimakasih banyak kepada semua pihak yang telah menyukseskan pelaksanaan pesantren kilat secara daring dan Harapan kami kegiatan ini bisa bermanfaat untuk semua, khususnya untuk siswa, guru dan sekolah. Dan insyaa Allah kegiatan seperti ini akan jadi agenda rutin setiap tahunnya, tentunya dengan berbagai perbaikan dan penambahan program” pungkas Jamaludin.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini