Kantor Kementerian Agama Bangka Selatan sebagai koordinator cabang seni pospeda ke VIII, melalui seksi PAPKIS, menggelar kegiatan Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Daerah (POSPEDA) Tingkat Kabupaten Bangka Selatan Tahun 2022, khususnya cabang Seni, Minggu (7/8). Kegiatan ini diikuti oleh pondok pesantren yang ada di Kabupaten Bangka Selatan. Untuk tahun 2022 kegiatan ini diikuti oleh delapan pondok pesantren, yaitu Al-Hidayah, Tarbiyatul Mubtadiin, Quran Cahaya, Darul Istiqomah, Nurul Quran, Darul Hikmah, Al-Fatah, Darussalam.
Pospeda tahun ini melaksanakan sejumlah pertandingan dan perlombaan cabang olahraga dan seni. Cabang olahraga yang dipertandingkan adalah atletik dan pencak silat, sedangkan cabang seni yang dilombakan adalah pidato tiga Bahasa (Indonesia, Inggris, dan Arab) dan Kaligrafi Alquran. Seperti tahun-tahun sebelumnya Kantor Kementerian Agama dipercaya untuk melaksanakan cabang seni.
Menurut koordinator cabang seni, Jumiati yang juga Kasi PAPKIS Kemenag Basel, mewakili kepala Kemenag Basel menyampaikan kalau peran Kemenag Basel dalam kegiatan Pospeda ini adalah sebagai mitra dari pemerintah Kabupaten Bangka Selatan. Namun demikian Kemenag Basel dan Pemda Basel sama-sama saling menguatkan dan saling mengisi untuk mensukseskan kegiatan ini. Misalnya, dari segi kebijakan dan penganggaran dana sepenuhnya ada di pemda Basel, sedangkan masalah data peserta ada di Kemenag Basel.
Kami dari Kemenag Basel menjadi mitra pemda Basel dalam pelaksanaan pospeda ini, jadi terkait kebijakan dan penganggaran dana sepenuhnya ada di pemda Basel. Untuk kemenag Basel hanya menyiapkan data peserta dan lokasi lomba, khususnya cabang seni, yaitu lomba pidato 3 bahasa dan kaligrafi. Ujar Jumiati.
Dalam kegiatan pospeda Basel 2022, khususnya cabang seni, pondok pesantren Darul Istiqomah Air Gegas keluar sebagai juara umum kesatu dengan perolehan medali 6 Emas, 1 perak, dan 1 perunggu. Juara umum kedua diraih oleh pondok pesantren Al-Hidayah Toboali dengan perolehan medali 1 emas, 2 perak, dan 1 perunggu, dan juara umum ketiga diraih oleh pondok pesantren Nurul Quran Air Gegas dengan perolehan medali 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini