Bangka Selatan, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan kembali mencetuskan salah satu inovasi layanan di bidang pendidikan yaitu OKE MAPS (Oke Menyapa Anak Putus Sekolah). Inovasi ini ada pada seksi Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam (PAPKIS). Inovasi OKE MAPS merupakan bentuk kepedulian Seksi PAPKIS Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan terhadap banyaknya anak-anak yang putus sekolah yang berada di desa-desa wilayah Kabupaten Bangka Selatan. Sasaran inovasi OKE MAPS ini adalah anak-anak putus sekolah yang masih usia sekolah untuk dibina dan diberikan pembelajaran ilmu-ilmu agama. Lanayan OKE MAPS sifatnya jemput bola atau memberikan pembelajaran dengan cara mendatangi langsung ke lokasi.

Sebagai layanan jemput bola, layanan OKE MAPS hadir di desa Tepus Kecamatan Air Gegas, Jum’at (12/8/2022). Kehadiran OKE MAPS di Desa Tepus ini bersamaan dengan peluncuran program AIK BAKUNG (Ajak Bupati Kita Sambang Kampung) program yang diluncurkan Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T., M.Tr.IP.

Di sela-sela acara peluncuran program AIK BAKUNG, Bupati Bangka Selatan menyempatkan mengunjungi gerai layanan OKE MAPS. Dalam kunjungannya Bupati Basel memberikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan yang telah meluncurkan inovasi OKE MAPS, beliau berharap agar program ini terus dijalankan dan sukses, agar anak-anak yang putus sekolah mendapatkan pembelajaran ilmu-ilmu agama dan bagi yang tidak mampu agar datanya disampaikan ke pihak Baznas Kabupaten untuk mendapatkan bantuan.

“Saya atas nama pemerintah Kabupaten Bangka Selatan mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan atas inivasi OKE MAPS, semoga inovasi ini terus berjalan dan sukses dan bagi anak-anak yang tidak mampu untuk didata dan diserahkan ke baznas Bangka Selatan agar mendapatkan pendidikan.” Ucap Riza Herdavid

Kepala Desa Tepus yang juga hadir pada kesempatan tersebut, mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Agama Kabupaten atas inovasinya. Kades yang akrab dipanggil Acai ini menambahkan program seperti ini sangat diperlukan khususnya di  Desa Tepus dan umumnya Kabupaten Bangka Selatan sehingga anak-anak yang putus sekolah memiliki hak yang sama di tengah masyarakat dan tidak merasa terkucilkan.

“Saya mewakili pemerintah dan masyarakat Desa Tepus mengucapkan terima kasih kepada kemenag Basel atas inovasi yang diluncurkan. Inovasi ini sangat diperlukan untuk anak-anak putus sekolah, khususnya di Tepus ini dan umumnya untuk masyarakat kabupaten Basel.” Ujar Acai.

Selanjutnya pada kesempatan yang sama Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan H. Jamaludin, S.Ag.,M.H. menyampaikan ucapan terimakasih kepada kepala desa yang telah memberikan izin dan dukungan kepada Tim OKE MAPS untuk memberikan layanan pembelajaran kepada anak-anak yang putus sekolah di wilayah yang dipimpinnya. Kemudian beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bangka Selatan yang mendukung sepenuhnya progran inovasi OKE MAPS bahkan beliau merekomendasikan anak-anak yang putus sekolah terutama yang tidak mampu untuk diajukan bantuan ke Baznas kabupaten Bangka Selatan.

“Terima kasih kepada pak kades dan bapak bupati yang sudah mendukung sepenuhnya program inovasi OKE MAPS Kantor Kementerian Bangka Selatan, program ini bentuk kepedulian kami untuk ikut mencerdaskan anak bangsa,  semoga anak-anak yang putus sekolah bisa mendapat bantuan dari Baznas Bangka Selatan. Layanan OKE MAPS ini layanan perdana yang dilaksanakan di Desa Tepus, mudah-mudahan layanan ini bisa terus berlanjut dan sukses, insya Allah minimal satu bulan sekali kami berjumpa dengan anak-anak putus sekolah.” Tutur Jamaludin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini