Bangka Selatan, Kamis (25/08/2022), Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan melalui Seksi Penyelenggara zakat Wakaf  (ZAWA) menggelar acara peresmian Desa Sadar Zakat Desa Airbara bertempat di Balai Desa Airbara Kecamatan Airgegas Kabupaten Bangka Selatan.

Peresmian ini dihadiri Direktur Jenderal Bimas Islam Kemenag RI, Direktur Pemberdayaan Zakat Wakaf RI, Ketua Biro Ortala Jakarta beserta rombongan, Bupati Bangka Selatan, Kepala Kanwil Kemenag Babel, Kepala Kemenag Basel,  Kepala Kemenag Bangka Tengah, Pimpinan Baznas Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Pimpinan Baznas Bangka Selatan, Kepala Kejari Bangka Selatan, Kapolres Bangka Selatan, Kepala BPN Bangka selatan, BWI Provinsi Babel, Provinsi Basel, Ketua Apdesi Basel, Ketua Abpednas Basel, Kasi Penyelengggara Zakat Wakaf  Kementerian Se-Provinsi Bangka Belitung, Kepala KUA Se-kabupaten Basel, camat se- Kabupaten Basel, Ketua Ormas Islam Kabupaten Basel, Kapolsek Airgegas, dan tamu undangan lainnya.

Terwujudnya Desa sadar zakat ini atas kerjasama dari semua pihak mulai dari Kementerian Agama Republik Indonesia, Kemenag Bangka Selatan, Pemerintah Bangka Selatan, Baznas Bangka Selatan, Pemerintah Desa Airbara, Tokoh Mayarakat, dan yang lainnya

Peresmian ini merupakan peresmian Desa sadar Zakat yang ketiga setelah di desa Rajik dan Desa permis di Kabupaten Bangka Selatan.  Ada beberapa bantuan yang diberikan kepada masyarakat Desa Airbara yaitu bantuan pengelolaan Budidaya Tambak Ikan  dari Menteri Agama RI melalui Bapak Direktur Zakat Wakaf, bantuan benah rumah layak huni dari Baznas Provinsi Babel, bantuan atribut kegiatan Desa Sadar Zakat, Bantuan berupa 8 kursi roda dan Santunan anak Yatim dari Baznas Kabupaten Bangka Selatan.

Program Desa Sadar Zakat dapat memberikan kemandirian serta kemudahan bagi masyarakat dalam membangun perekonomian umat melalui zakat. Desa Sadar zakat dengan konsep zakat dari desa untuk desa yang dikelola oleh Unit pengelola Zakat (UPZ).

Atas inovasi desa sadar zakat kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan meraih kembali penghargaan dari menteri agama Republik Indonesia pada acara Launching desa sadar zakat airbara. Ini merupakan suatu penghargaan yang luar biasa dicapai oleh kantor kemenag Bangka Selatan

Kepala Desa Airbara Muklis, S.ST menyampaikan setelah sk kan Desa airbara sebagai desa sadar zakat bahwa melalui UPZ  dalam satu tahun ini zakat hamper menyentuh diangka 350 jutamerupakan pencapaian luar biasa artinya warga desa airbara tingkat kesadaran begitu sangat baik.

Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Bangka Selatan H. Jamaludin, S.Ag.,M.H menyampaikan Membangun sebuah program bersama masyarakat tidaklah mudah program inovasi yang dibangun bersama masyarakat, sudah tidak ada anggaran, karenanya Dibutuhkan kepercayaan, komunikasi aktif produktif dan koordinasi maksimal dari semua pihak. Sekali lagi saya mengucapkan ribuan terima kasih kepada Kepala Desa dan seluruh Masyarakat desa Airbara yang luar biasa mendukung sepenuhnya kegiatan kita pada hari ini.

“Program Desa Sadar Zakat ini, menyajikan program yang memiliki tujuan yang mulia untuk membantu pemerintah dalam mensejahterakan masyarakatnya, dengan semboyan, membangun perekonomian Dari Desa Untuk Desa, dari Masyarakat untuk Masyarakat desa itu sendiri”ujar Jamaludin

Selanjutnya Drs H. Rebuan.,M.H mewakili Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada UPZ dan masyarakat desa Airbara yang sangat agamis dan peduli dengan syariat islam sehingga sangat tepat jika Desa Airbara ini dijadikan desa percontohan Desa Sadar Zakat tingkat Nasional.

“ penyaluran Zakat ini Tidak sepatutnya dihabiskan untuk konsumtif saja oleh sebab itu Hendaknya dikembangkan olah zakat produktif yang mana zakat produktif bisa mengembangkan zakat itu dengan beri modal” ujar Rebuan

Bupati Bangka Selatan H. Riza Herdavid, S.T.M,Tr.IP dalam sambutan  pemerintah Kabupaten Bangka Selatan sangat mengapresiasi dan mendukung penuh apapun kegiatan yang dilakukan oleh kantor kemenag Basel.

“menginfokan bahwa baznas Basel merupakan Baznas Yang  terbaik dalam sistem penyaluran di provinsi Bangka Belitung. Untuk itu saya menghimbau untuk masnyarakat melalui UPZ bisa memberikan zakat produktif sebab dengan zakat produktif yang awalnya penerima zakat suatu saat bisa menjadi pemberi zakat. Desa Airbara memang merupakan Desa yang sadar akan zakat” ujar Riza Herdavid

Direktur Pemberdayaan Zakat Wakaf  Kementerian Republik Indonesia Drs. H. Tarmizi, M.H memberikan apresiasi penuh terhadap kantor kemenag Basel atas pencapaian tiga desa yang telah diresmikan sebagai desa sadar zakat.

“ pedoman daripada hidup kita pertama berbuatlah kebaikan sesame manusia yang ada di muka bumi in dan yang kedua janganlah membuat kerusakan di buminya Allah sehigga kita akan aman dn damai. Saling berbagi itu indah dan banyak manfaat bagi diri sendiri dan orang lain”. Tutur Tarmizi

 

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini