Profil

Kabupaten Bangka Selatan terletak di pulau Bangka dengan luas lebih kurang 3. 607,08 km2 atau 360.708 Ha (Badan Pusat Statistik Kabupaten Bangka Selatan, 2011:3) terbentuk berdasarkan Undang – Undang Nomor 5 tahun 2003 tentang Pembentukan Kabupaten Bangka Selatan, Kabupaten Bangka tengah, Kabupaten Bangka Barat dan Kabupaten Belitung Timur di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Berdasarkan BPS Kabupaten Bangka Selatan dalam buku Bangka Selatan dalam angka 2011 (2011:3). Secara administratif wilayah Kabupaten Bangka Selatan berbatasan langsung dengan daratan wilayah kabupaten/kota lainnya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yaitu dengan wilayah Kabupaten Bangka Tengah di sebelah Utara, di sebelah barat dan selatan berbatasan dengan selat Bangka dan laut Jawa sedangkan di sebelah timur berbatasan dengan selat Gaspar.

Berdasarkan Keputusan Menteri Agama Nomor 38 Tahun 2005, Tanggal 3 Maret 2005 Tentang Pembentukan 30 (tiga puluh) kantor Departemen Agama kabupaten/kota. Sedangkan peresmiannya dilaksanakan pada tanggal 5 Juli 2005 yang ditandai dengan Pelantikan Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Bangka Selatan oleh Pj. Bupati Bangka Selatan Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor : B II / 2 / 0579 / 2005 Tanggal 1 juni 2005. Sebagai Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Bangka Selatan pada saat itu adalah Drs. H. A. Syarnubi. MS yang kemudian digantikan oleh Drs. Paidi pada tanggal 1 Oktober 2009 dan pada tanggal 6 Februari 2014 digantikan oleh Syarifudin, S. Ag, M.Pd.I. serta pada tanggal  19 September 2018 digantikan lagi oleh H. Jamaludin, S.Ag., M.H. sampai dengan sekarang. 

Diawal berdirinya Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan pada tahun 2005 hanya terdiri dari 6 orang pejabat, yaitu : Kepala Kantor Drs. H. Syarnubi, MS, Kasubag Tata Usaha ; Jamaludin, S.Ag, Kasi Pendidikan Madrasah; Harus S.Pdi, Kasi Urais; Agus Sadimin, S.Ag, Kasi Penamas, Sakiyem S.Ag, dan Penyelenggara Zakat Wakaf Supangkat, S.Ag, berkentor sementara di Kantor KUA Kecamatan Toboali dan selanjutnya menempati rumah sederhana di samping Kantor KUA Kecamatan Toboali dengan cara Sewa Tahunan. Setelah itu pada tahun 2007 menempati kantor baru di Komplek Perkantoran terpadu Pemkab Kabupaten Bangka Selatan sampai sekarang ini.   

Berdasarkan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2019 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama pasal 7 disebutkan bahwa Kantor Kementerian Agama mempunyai tugas melaksanakan tugas dan fungsi Kementerian Agama dalam wilayah kabupaten/kota berdasarkan kebijakan kepada kantor wilayah Kementerian Agama Provinsi dan ketentuan peraturan perundang – undangan.

          Lebih Lanjut Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2019 pasal 8 menjelaskan bahwa dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam pasal 7, Kantor Kementerian Agama menyelenggarakan fungsi :

  1. Perumusan dan penetapan visi, misi dan kebijakan teknis dibidang pelayanan dan bimbingan kehidupan beragama kepada masyarakat kabupaten/kota.
  2. Pelayanan, bimbingan dan pembinaan di bidang haji dan umroh.
  3. Pelayanan, bimbingan dan pembinaan di bidang pendidikan madrasah, pendidikan agama dan keagamaan.
  4. Pembinaan kurukunan umat beragama.
  5. Pelaksanaan kebijakan teknis di bidang pengelolaan administrasi dan informasi.
  6. Pengkoordinasian perencanaan, pengendalian, pengawasan dan evaluasi program.
  7. Pelaksanaan hubungan dengan pemerintah daerah, instansi terkait dan lembaga masyarakat dalam rangka pelaksanaan tugas kementerian di kabupaten/kota.

Selanjutnya pada Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2019 pasal 648 disebutkan bahwa susunan organisasi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan,terdiri atas :

  1. Subbagian Tata Usaha.
  2. Seksi Pendidikan Madrasah.
  3. Seksi Pendidikan Agama dan Pendidikan Keagamaan Islam.
  4. Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umroh.
  5. Seksi Bimbingan Masyarakat Islam.
  6. Penyelenggara Zakat dan Wakaf dan
  7. Kelompok Jabatan Fungsional

                       

            Adapun susunan pejabat eslon IV Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan sebagai berikut :

No Jabatan Nama
1 Kepala Sub Bagian Tata Usaha H. Iskandar, S.Pd.I., M.M.
2 Kasi Bimbingan Masyarakat Islam H. M. Karyawan, S.Ag
3 Kasi Pendidikan Madrasah Harus, S.Pd.I.
4 Kasi Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Amran, S.Ag
5 Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah H. Agus Sadimin, S.Ag., M.H.
6 Penyelenggara Zakat dan Wakaf

           

            Sedangkan pegawai di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bangka Selatan berjumlah 53 orang yang terdiri dari :

NO Uraian Jabatan Jumlah
1 Eselon III a 1
2 Eselon IV a 5
3 Eselon IV b 1
4 Eselon V 1
5 Jabatan Fungsional Umum 16
6 Jabatan Fungsional Tertentu Pengawas 2
7 Jabatan Fungsional Tertentu Guru 18
8 Jabatan Fungsional Tertentu Penghulu 9
Jumlah 53

 

Profil